Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Iklan TikTok untuk Promosi Produk Bisnis dan Usaha

TikTok terkesan lambat saat menerapkan program periklanan formal. Karena itulah, brand harus mencari cara alternatif untuk memasang iklan TikTok. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa pemasaran influencer bisa berkembang dengan pesat di platform.

TikTok sendiri sebenarnya sudah mulai bereksperimen dengan periklanan pada akhir 2018, walaupun tidak berhasil sampai ke tahun yang berikutnya. Ada banyak keluhan di awal tentang mahalnya harga iklan TikTok. Misalnya saja, brand yang bisa menghabiskan biaya $ 50.000 sampai dengan $ 100.000 untuk mengambil alih saluran TikTok yang sedang populer, dan biaya iklan TikTok Ads tantangan hastag memiliki harga yang tetap, yaitu sebesar $ 150.000 untuk enam hari, dan perusahaan harus mengeluarkan dollar tambahan untuk bisa mempromosikan saluran tersebut.

Namun, sekarang iklan TikTok sudah menyediakan jenis video pendek asli, dan sekarang sudah menjadi jauh lebih mudah untuk diakses oleh brand yang ingin memasang iklan TikTok.

Apa itu Iklan TikTok Ads?

biaya-promosi-iklan-tiktok

Iklan TikTok Ads adalah salah satu tren terbaru untuk mempromosikan bisnis yang sedang populer, baik itu produk ataupun jasa saat ini.

Berapa Harga Iklan TikTok Ads?

Apakah TikTok sekarang sudah memiliki program iklan formal? dan apa hal tersebut bisa menghabiskan banyak biaya?

Butuh beberapa saat untuk TikTok supaya bisa memasuki pasar iklan. Namun, sekarang mereka sudah bisa membuat program periklanan formal. Akan tetapi, perkembangannya sangat lambat dan bertahap.

Setidaknya hal ini membuat kita tidak memiliki persaingan yang ketat untuk memenangkan tempat yang kita inginkan di TikTok, tidak seperti Facebook Ads dan Instagram Ads, tempat untuk memenangkan peringkat iklan TikTok di urutan teratas bisa menjadi sangat kejam.

Apakah Iklan TikTok Bagus Untuk Promosi Bisnis?

TikTok bisa sangat populer dengan cepat sebagai aplikasi berbagi video pendek terbaik. Faktanya, dalam beberapa bulan ketika TikTok sudah menjadi aplikasi teratas yang paling banyak di unduh pada toko aplikasi Apple dan Android (Google Play). Tidak heran apabila banyak brand yang ingin menjadi bagian dari program tersebut. Mereka sudah memiliki akun aktif di Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan channel YouTube.

Namun, jenis iklan TikTok apa saja akan sangat bergantung pada demografi basis pelanggan yang kita inginkan.

Pengembang TikTok sendiri lebih memilih untuk membuat aplikasi yang ditujukan untuk para remaja. Ada banyak pengguna smartphone yang terjebak oleh aplikasi TikTok seiring bertambahnya usia, tetapi jelas kalau sebagian besar penggunanya adalah anak muda. Bahkan sekarang, 41% pengguna TikTok berusia antara 16 - 24 tahun. Faktanya, 66% pengguna TikTok masih berusia dibawah 30 tahun.
iklan-tiktok-bagus-untuk-promosi

Pengguna TikTok juga di dominasi oleh perempuan. Hal ini tentunya tidak mengejutkan bagi kita, karena hal ini sangat mencerminkan perbedaan khas antara genre dalam hal jenis konten. Aplikasi TikTok sendiri terkenal sebagai karaoke virtual, tentunya hobi inilah yang paling banyak disukai oleh wanita daripada pria.

Jadi, apabila bisnis kita memang menargetkan wanita muda, maka kita harus mempertimbangkan dengan serius untuk memasang iklan TikTok, dan membangun interaksi kita sendiri di aplikasi TikTok. Apabila kita menjual produk yang lebih cocok untuk Generasi Baby Boom atau Generasi X, maka akan bekerja dengan baik kalau kita mempromosikannya di platform tempat mereka menghabiskan waktu.

Iklan TikTok Bisa Lebih Mahal Dibandingkan Dengan Facebook Ads dan Instagram Ads

Tentu, beberapa perusahaan yang memasang iklan TikTok yang lebih terkenal, seperti Nike dan Disney, mereka memiliki kantong yang dalam hal periklanan. Mereka sangat tidak mungkin kalau harus memperdebatkan biayanya, kecuali apabila ada perbedaan besar yang mencolok. Hal ini mungkin akan tampak lebih mahal daripada yang platform yang lainnya seperti Facebook Ads atau Instagram Ads.

Iklan TikTok tergolong masih baru. Hal ini memiliki arti bahwa mereka bisa membebankan harga premium untuk para pengiklan, mengetahui bahwa mereka tidak akan meninggalkan TikTok untuk bersaing dengan kompetitor mereka supaya bisa menjadi yang pertama.

Harga iklan TikTok Ads mulai dari $ 10 per CPM (harga per 1000 kunjungan), dan mereka mengharuskan kita untuk membelanjakan minimal $ 500 per kampanye. Hal ini karena kita tidak akan menggunakan iklan TikTok resmi supaya bisa membuat kampanye yang viral untuk marketing yang murah dan menyenangkan.

biaya-iklan-tiktok-lebih-mahal

Jenis Iklan TikTok dan Pemasaran

Bekerja dengan influencer

Sampai saat ini, apabila kita adalah salah satu pebisnis yang sedang ingin mempromosikan produk kita menggunakan iklan TikTok, maka kita hanya perlu memiliki satu opsi yang layak: bermitra dengan influencer TikTok dan mulai bekerja dengan mereka untuk melakukan promosikan brand milik kita. Dalam banyak hal, ini tidak berubah sama sekali.

Apabila kita berhasil membangun hubungan yang harmonis dengan para pengguna TikTok yang populer dan terkenal, yang demografi pengikutnya cocok dengan audiens target promosi kita, maka hal ini mungkin bisa menjadi cara yang paling menguntungkan untuk menyampaikan pesan kita kepada mereka.

Apabila kita bisa melakukan kolaborasi dengan influencer untuk ikut membantu mempromosikan produk kita ke jaringan pengikut yang sudah tertarik, maka kita memiliki peluang besar untuk bisa mendapatkan pengembalian modal investasi yang sangat bagus.

Tentunya hal ini akan mengasumsikan kalau kita menjual produk dengan membuat video yang menarik, supaya bisa membangunkan pengikut influencer untuk memperhatikan brand yang kita iklankan di TikTok Ads.

Mempromosikan Saluran TikTok Kita Sendiri

Apabila kita sudah memiliki tim pemasaran di media sosial yang muda dan brand kita menargetkan demografi yang tepat untuk iklan TikTok, maka kita bisa melakukan pertimbangan untuk menyiapkan saluran TikTok Ads untuk bisnis yang kita miliki. Hal ini tidak berbeda dengan perusahaan yang membuat akun Instagram, Facebook, atau Twitter, serta berbagi video di saluran YouTube milik perusahaan.

Tetapi kita harus mengingat bahwa orang tidak akan datang ke TikTok hanya sekedar untuk mencari tahu tentang brand dan produk milik kita. Mereka biasanya pergi ke sana untuk hiburan atau berbagi upaya kreatif mereka. Hal terakhir yang akan mereka lihat adalah produk yang kita iklankan di TikTok Ads.

Jadi, apabila kita akan membangun saluran TikTok bisnis, maka kita harus memberikan nilai tersendiri kepada para pengikut. Dengan membuat video yang menarik bagi mereka, kemungkinan akan membuat mereka penasaran untuk melihat apa yang kita tawarkan melalui iklan TikTok tersebut.

Untuk beberapa produk dan layanan yang sudah memiliki jam terbang lebih jauh, maka akan sangat lebih mudah untuk bisa mendapatkan daya tarik terhadap iklan TikTok daripada yang lainnya. Studio Film bisa dengan mudahnya mengatur dan berbagi klip video dari blockbuster yang terbaru. Hal ini merupakan pilihan yang sangat wajar untuk perusahaan musik saat berbagi klip musik.

Berbagi Konten TikTok di Platform Media Sosial yang Lainnya

Hanya karena video yang berasal dari TikTok, bukan berarti harus ada di sana saja. Kita bisa menemukan banyak channel YouTube yang membagikan video populer dari TikTok.

Kita juga bisa loh, mempromosikan konten TikTok yang relevan (apakah itu milik kita atau yang dibuat oleh influencer) melalui akun Instagram Stories dan Snapchat Snaps milik kita. Hindari kegiatan yang menghabiskan terlalu banyak waktu saat berbagi promosi iklan TikTok di media sosial dengan menggunakan demografi yang menarik dan sangat berbeda dari TikTok.

Tantangan TikTok

Nama TikTok menjadi sangat identik dengan adanya fitur challenge atau tantangan. Mungkin tantangan yang paling terkenal sampai saat ini adalah #Tumbleweed Challenge yang dibuat oleh Jimmy Fallon. Dia menantang semua pengguna TikTok untuk membuat video dan membagikannya di TikTok, tentang seseorang yang berguling-guling di tanah seperti halnya tumbleweed, dengan musik gaya barat sebagai backsound.

Ternyata, tantangan yang dia buat bisa sukses besar. Tercatat sudah di unggah sebanyak 8000 video dengan 9 juta tampilan dalam waktu tujuh hari yang dilakukan oleh penggemarnya di TikTok.

Sementara itu, tantangan yang fokus pada pencitraan brandnya juga ikut sukses dan menghasilkan publisitas yang maksimum, hal ini akan terasa lebih sulit untuk bisa mendapatkan pengikut TikTok yang sinis untuk mengikutinya.

Program Berbayar Iklan TikTok

iklan-tiktok-berbayar

TikTok akhirnya mengikuti jejak dari media sosial yang lainnya seperti Facebook Instagram Twitter, YouTube dan LinkedIn, untuk menyiapkan program periklanan berbayar resmi milik mereka sendiri.

Walaupun bentuk pemasaran iklan TikTok sendiri masih relatif tidak resmi, mungkin kita akan lebih menyukai struktur program iklan berbayar resmi dari TikTok. Hal ini memang relatif terlalu awal, jadi platform ini tidak belum bisa mengalahkan Facebook Ads dan YouTube Ads.

Akan tetapi, mungkin kita memiliki keuntungan lain karena kompetitor bisnis kita belum membuat dan memasang iklan TikTok dengan tawaran iklan yang jauh lebih mahal daripada milik kita.

Ada 3 jenis iklan TikTok yang ditawarkan kepada kita, yaitu:
  1. Iklan bawaan
  2. Pengumuman akuisisi merek
  3. Tantangan hashtag
Tidak heran, kalau ada iklan asli yang sengaja disematkan di TikTok yang umumnya adalah jenis video pendek, walaupun kita bisa memilih gambar statis sesuai kemauan kita. Bahkan, kita juga bisa menggunakan filter khusus untuk menyempurnakan tampilan hasil karya kita.

Advertiser yang sebelumnya sudah pernah menggunakan iklan TikTok asli, mereka memberikan saran di Quora bahwa, kita harus memiliki anggaran setidaknya $ 1.000 bahkan untuk kampanye yang sederhana. Seorang advertiser bahkan menyarankan supaya kita siap untuk membayar $ 50.000 sampai dengan $ 100.000 untuk menjalankan iklan TikTok.

Iklan TikTok Asli

iklan-tiktok-jenis-asli

Iklan TikTok bawaan memiliki fungsi yang serupa dengan yang ada di Facebook Ads dan Google Ads (Adwords). Hal ini memiliki arti bahwa kita harus memberikan penawaran ruang kepada iklan kita untuk melayani pengguna YouTube tertentu saja. Iklan ini mengacu pada CPM (Cost Per Million atau biaya yang dikeluarkan per 1000 tampilan iklan ) di atas.

Beberapa advertiser lebih memilih metrik tersebut, CPV (Cost Per View atau harga per tampilan). Namun, dalam beberapa kasus, mungkin saja kita akan lebih menyukai tawaran BPK (harga Per Klik).

Pengumuman Iklan TikTok Akuisisi Merek

iklan-tiktok-akuisisi-merek

Dengan adanya iklan TikTok akuisisi merek ini, maka iklan kita bisa segera tampil setelah pengguna TikTok sebagai target kita membuka aplikasi. Pengguna yang tertarik akan melakukan klik iklan dan kita akan mengarahkan mereka ke halaman situs milik kita.

Karena TikTok sendiri sudah memastikan bahwa tidak ada pengguna yang akan melihat lebih dari satu iklan akuisisi merek per hari. Disini kita memiliki peluang yang terbatas, dan jumlah yang kita bayarkan akan mencerminkan kekurangan ini.

Apabila kita sudah berhasil menggunakan iklan TikTok akuisisi merek, pastikan bahwa halaman landing memiliki kualitas yang memadai untuk menjamin biaya promosi. Tidak ada gunanya kita mengarahkan orang menuju situs web kita, apabila mereka akan pindah secara instan.

Tantangan Hashtag

iklan-tiktok-tantangan-hastag

Sebelumnya, kita sudah membahas mengenai popularitas dari tantangan hastag di atas. Disini kita bisa melangkah lebih jauh lagi, dan menjadikan tantangan hashtag yang resmi.

Seperti semua tantangan yang lainnya, manfaat signifikan dari iklan TikTok jenis ini adalah jumlah konten buatan pengguna yang bisa kita hasilkan. Semua komitmen ini bisa berdampak positif bagi perusahaan.

Sementara itu, disini kita harus membayar iklan tantangan hashtag untuk memulai proses ini, posting tantangan hashtag yang dibuat oleh peserta adalah iklan gratis yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis kita.

Namun, biaya keseluruhan harga iklan TikTok jenis tantangan hashtag ini terbilang masih terlalu tinggi bagi bisnis kecil atau mereka yang lebih memilih pendekatan pemasaran yang lebih viral. Ada biaya tetap yang harus kita bayarkan, yaitu sebesar $ 150.000 untuk enam hari pertama menjalankan iklan TikTok jenis tantangan hastag, dan kemungkinan biaya tambahannya adalah sebesar $ 100.000 sampai dengan $ 200.000 untuk mempromosikan tantangan.

Nah, itulah rincian biaya harga iklan TikTok yang harus kita persiapkan sebelum mempromosikan produk bisnis atau usaha kita menggunakan TikTok Ads.