Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Iklan TikTok Ads

memasang-iklan-tiktok-ads

Saat ini, TikTok sudah menjadi salah satu sosial media yang populer dan digemari oleh banyak orang. Tidak heran kalau banyak brand dan marketer yang mencoba untuk memanfaatkan iklan TikTok ads sebagai tempat untuk promosi.

Sudah saatnya kita untuk mempertimbangkan iklan TikTok sebagai alat marketing untuk meningkatkan branding bisnis kita.

Dikutip dari Hootsuite, TikTok sudah memiliki kurang lebih 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Dengan jumlah pengguna aktif yang tinggi ini, TikTok mampu mengalahkan sosial media yang lainnya, seperti LinkedIn (660+ juta), Reddit (430+ juta), sampai Twitter (+340 juta).

Dari semua data tersebut, kita memiliki potensi untuk meraup keuntungan apabila memasang iklan TikTok Ads.

Lalu, bagaimana cara pasang iklan di TikTok Ads? Kami akan menjelaskan tutorialnya dibawah ini:

Cara Pasang Iklan TikTok Ads

memasang-tik-tok-ads

Apakah sudah penasaran dan ingin tahu, bagaimana sih cara memasang iklan TikTok Ads? Kita bisa simak tutorial yang ada dibawah ini:
  1. Buat akun TikTok Ads.
  2. Buat campaign TikTok Ads.
  3. Tentukan tempat iklan TikTok Ads, detail, dan target.
  4. Tentukan anggaran, dan jadwal iklan TikTok Ads.
Apabila kita masih kebingungan dengan tutorial yang ada diatas, disini kami juga sudah membuatkan langkah-langkah yang disertai dengan penjelasan mengenai cara pasang iklan TikTok Ads. Selengkapnya, simak berikut ini:

1. Membuat Akun TikTok Ads

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengunjungi situs TikTok ads, lalu klik ‘Create an Ad Button’ yang berada di pojok kanan atas.

2. Membuat Campaign TikTok Ads

Setelah kita memiliki akun TikTok ads, maka di dashboard akan ada berbagai macam menu yang sudah disediakan.

Pilih menu ‘Campaign’ lalu, klik tombol ‘Create’ untuk mulai membuat iklan TikTok ads.

Setelah itu, pilih tujuan kita membuat campaign terlebih dahulu. Dikutip dari Social Media Examiner, ada tiga pilihan yang bisa kita pilih, yaitu traffic, conversions, dan app install.

3. Menentukan Tempat Iklan TikTok Ads, Detail, dan Target

Langkah selanjutnya adalah menentukan penempatan iklan dan target pasar yang akan kita jangkau dari iklan TikTok Ads.

Tentukan penempatan iklan TikTok Ads kita dengan tepat supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, di platform TikTok juga kita bisa menempatkan iklan ke mitra yang lainnya seperti BuzzVideo, News Republic, dan sebagainya.

Lalu. isi nama tampilan, gambar, kategori yang relevan, dan yang lainnya untuk menjalankan iklan TikTok kita nanti. Kita juga bisa membuat deskripsi aplikasi atau website yang kita miliki dalam 20 kata untuk memberi penjelasan tentang iklan TikTok Ads kita.

Setelah itu, tentukan target pasar yang tepat. Kita bisa menentukan audiens sendiri, misalnya saja target usia, jenis kelamin, minat, dan yang lainnya. Jadi usahakan untuk menentukan target audiens yang tepat dengan iklan TikTok Ads kita.

4. Menentukan Anggaran dan Jadwal Iklan TikTok Ads

Langkah selanjutnya adalah menentukan anggaran dan jadwal iklan TikTok Ads. Kita bisa memilih saat akan menjalankan iklan dalam satu hari atau minggu dengan waktu tertentu saja.

Selain itu, kita juga bisa menentukan berapa anggaran yang sesuai dengan kebutuhan kita saat menjalankan iklan TikTok Ads.

Setelah semuanya kita setting sesuai dengan keinginan, maka kita hanya perlu menunggu persetujuan dari TikTok Ads. Setelah TikTok menyetujui iklan kita, maka kita bisa langsung memantaunya di dashboard.

Jenis-Jenis Iklan TikTok Ads

jenis-jenis-iklan-tiktok-ads

TikTok menyediakan berbagai opsi jenis iklan yang tepat untuk pengiklan. Dilansir dari Hootsuite, berikut ini merupakan jenis-jenis iklan TikTok Ads:

1. In-Feed video

Iklan TikTok jenis ini ditempatkan pada bagian bawah video. Biasanya jenis iklan ini memang sering digunakan oleh banyak orang, karena harganya yang lebih terjangkau.

2. Brand takeover

Jenis iklan TikTok Ads yang satu ini akan menampilkan iklannya di layar penuh  dalam beberapa detik saat pengguna membuka aplikasi. Setelah itu, iklan yang muncul tersebut akan hilang dan berubah menjadi In-Feed video ads.

3. Hashtag challenge

Jenis iklan TikTok Ads yang satu ini akan muncul di halaman Discovery. Biasanya iklan ini bisa mendorong pengguna untuk melakukan sebuah tantangan.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara memasang iklan TikTok Ads untuk mempromosikan bisnis kita.