Cara Membayar Iklan Google Ads - Adwords Ads
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Google Ads YouTube Ads Akun Google Aplikasi Android Gmail Google Drive Google Maps Google Ad Exchange

Cara Membayar Iklan Google Ads

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk bayar iklan Google Ads saat promosi produk, yaitu dengan menggunakan kartu kredit dan juga transfer bank

Konten [Tampil]
Saat kita akan memutuskan untuk beriklan menggunakan Google Ads (AdWords), hal terpenting yang harus kita ketahui dan mempelajarinya adalah cara melakukan pembayaran iklan Google Ads (AdWords) di Indonesia.

Disini kami akan menjelaskan tentang hal ini, karena kondisi di Indonesia sendiri sangat berbeda dengan di luar negeri seperti New York, California, Belgia dan negara lainnya, yang hampir semua orang sudah memiliki kartu kredit. Sedangkan di Indonesia sendiri sangat minim yang memiliki kartu kredit, sehingga banyak sekali keluhan yang sering disampaikan oleh para calon advertiser adalah "tidak memiliki kartu kredit".

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang sistem dan cara melakukan pembayaran iklan Google Ads (AdWords) yang dimana ada dua metode pembayaran, yaitu Automatic Payment (Pembayaran Otomatis) atau Manual Payment (Pembayaran Manual). Apa saja kelebihan dan kekurangan dari metode pembayaran tersebut? dan kapan kita akan memilih metode pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit atau transfer melalui bank lokal.

Cara Bayar Iklan Google Ads

cara-pembayaran-iklan-google-ads-adwords-terbaru
Kita bisa melakukan pembayaran iklan Google Ads kapan dan dimana saja, dengan menggunakan metode pembayaran yang sudah tersedia. Untuk melakukannya, ikuti cara yang ada dibawah ini:
  1. Login ke akun Google Ads (AdWords).
  2. Klik ikon Pengaturan (seperti kunci inggris) lalu di bagian "Penagihan", pilih Ringkasan.
  3. Klik Lakukan Pembayaran.
Kemudian, kita bisa memilih metode pembayaran Google Ads (AdWords) yang sudah dikaitkan dengan akun, atau kita juga bisa menambahkan metode pembayaran baru.

Langkah - Langkah Cara Pembayaran iklan Google Ads

langkah-dan-cara-pembayaran-google-ads-adwords
Untuk mengubah sistem cara pembayaran iklan Google Ads (AdWords), maka kita terlebih dahulu harus login ke akun Google Adwords melalui https://ads.google.com/.

Setelah kita berhasil login, lihat di pojok kanan atas dan klik icon yang berbentuk seperti gerigi, lalu klik menu Billing seperti yang terlihat pada gambar di samping kanan ini.

Apabila hal ini merupakan pertama kali kita mengatur sistem pembayaran di Google Ads (Adwords) maka kita akan menjalani proses pengisian data, seperti penjelasan dibawah ini.

Tahap 1: menentukan negara dari alamat tagihan (Billing Address).

tahap-1-cara-pembayaran-google-ads-adwords

Tahap 2: mengisi Tax Information dan Nama serta Alamat Bisnis atau Rumah

tahap-2-cara-pembayaran-google-ads-adwords
Seperti yang terlihat diatas. Maka kita bisa memilih Business dan kosongkan NPWP. Lalu isikan semua data sesuai dengan yang ada di form.

Tahap 3: Menentukan Sistem Pembayaran dengan Automatic Payment atau Manual Payment

Setelah kita mengisi semua data identitas dan alamat yang ada diatas, maka proses selanjutnya adalah menentukan sistem pembayarannya, mau menggunakan Automatic atau Manual.

Disini kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Automatic dan manual payment untuk melakukan pembayaran iklan di Google Ads (AdWords), selengkapnya simak dibawah ini.
  • Automatic Payment artinya iklan kita akan langsung berjalan dan kita akan melakukan pembayaran setelah tagihan iklan Google Ads (AdWords) mencapai limit kredit tertentu yang sebelumnya sudah diberikan oleh Google (misalnya saja Rp 500.000) atau setelah 30 hari dari pembayaran terakhir. Untuk memilih cara pembayaran iklan Google Ads (AdWords) yang satu ini, kita harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu.
  • Manual Payment artinya kita perlu melakukan deposit atau top-up uang terlebih dahulu, baru iklan Google Ads (AdWords) bisa berjalan. Untuk top up saldo, kita bisa menggunakan kartu kredit atau transfer melalui bank. Begitu saldo deposit biaya iklan Google Ads (AdWords) kita habis, Google secara otomatis akan menghentikan iklan.
Kita hanya tinggal menentukan mau melakukan pembayaran iklan Google Ads (AdWords) menggunakan metode yang mana.

Apabila kita memiliki kartu kredit, maka pilihlah Automatic Payment (Pembayaran Otomatis) yang dimana kita hanya perlu mengisi data kartu kredit dan alamat tagihan (kalau alamatnya berbeda dengan yang di isi sebelumnya di tahap 2).

cara-pembayaran-google-ads-adwords-memakai-kartu-kredit
Tapi apabila kita tidak memiliki kartu kredit, maka kita harus memilih yang Manual Payment, disini kita harus melakukan deposit atau top-up saldo terlebih dahulu, baru iklan Google Ads (AdWords) bisa berjalan.

cara-pembayaran-google-ads-adwords-memakai-bank-transfer
Ada dua cara untuk melakukan pembayaran iklan Google Ads (AdWords) yaitu dengan menggunakan Kartu Kredit atau Transfer melalui Bank seperti yang ada di samping kanan.

Kelebihan dari Manual Payment (Pembayaran Manual) adalah kita bisa mengatur budget sehingga kalau budgetnya habis, maka iklan Google Ads (AdWords) akan langsung berhenti.

Kekurangan dari manual payment adalah sedikit merepotkan. Misalnya saja kita top-up saldo Rp 500.000,- lalu saldo itu habis, maka secara otomatis iklan Google Ads (AdWords) akan dihentikan. dan kita harus top-up lagi.

Selain bisa top up dengan menggunakan kartu kredit, Google Ads (AdWords) sekarang sudah menyediakan fasilitas transfer melalui bank untuk deposit atau top-up saldo iklan.

Jadi, apabila kita memilih Funds Transfer  atau Transfer melalui Bank, maka setelah klik tombol Make a Payment akan diberikan nama bank dan no rekening tujuan (16 digit) milik Google seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

cara-pilih-pembayaran-google-ads-adwords
No rekening yang diberikan (16 digit) adalah kode unik untuk kita (virtual account number) sehingga kita bisa melakukan transfer ke rekening tersebut. Setelah pembayaran iklan diterima oleh Google (5-10 hari), maka akan otomatis muncul sebagai saldo di Google Ads (AdWords) kita yang bisa langsung digunakan untuk beriklan.

TIPS PENTING: Untuk mempercepat proses deposit atau top-up saldo iklan Google Ads (AdWords), kita bisa menggunakan BNI Debit Online.

Jadi Apabila kita memiliki dan menggunakan BNI Debit Online untuk melakukan pembayaran Google Ads (AdWords) kita bisa mengikuti tutorial dibawah ini
  1. Pilih Manual Payment (Pembayaran Manual).
  2. Pilih opsi Credit/Debit Card.
  3. Lalu, isikan 16 digit VCN yang diberikan.
Proses deposit atau pengisian saldo dengan menggunakan cara ini bisa instan dan langsung masuk ke akun Google Ads (AdWords) kita tidak harus menunggu 5-10 hari seperti Transfer Bank.

Itulah beberapa cara pembayaran Google Ads (AdWords) di Indonesia yang bisa kita pilih, supaya bisa mengiklankan bisnis atau usaha kita dengan nyaman.