Cara Menggunakan Google Ads (Adwords) untuk Promosi Melalui Iklan di Google - Adwords Ads
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Google Ads YouTube Ads Akun Google Aplikasi Android Gmail Google Drive Google Maps Google Ad Exchange

Cara Menggunakan Google Ads (Adwords) untuk Promosi Melalui Iklan di Google

Apa itu Google Ads (AdWords), bagaimana cara menggunakannya, apa manfaatnya, cara kerja, dan cara membuat membuatnya tanpa jasa iklan Google Ads

Konten [Tampil]
Pada panduan cara menggunakan iklan Google Ads kali ini, kita bisa mengikuti beberapa tutorial beserta langkah yang penting untuk bisa menjadi seorang search marketer yang pro.

cara-mudah-memasang-iklan-google-ads
Sebelum itu, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu Google Ads?

Apa itu Google Ads?

Google Ads atau AdWords adalah alat untuk melakukan pemasaran melalui online berupa platform iklan yang disediakan langsung oleh Google.

Google Ads (AdWords) ini memungkinkan kita supaya bisa melakukan promosi tertarget kepada calon customer bisnis kita berdasarkan keyword (kata kunci), topik, waktu dan tentunya lokasi.

Disini kita juga bisa memasang iklan Google Ads tanpa perlu khawatir biayanya mahal, karena kita hanya perlu menyesuaikan dengan kemampuan budget pemasaran yang terjangkau oleh kita.

Apabila masih bingung, berikut ini merupakan penjelasan sederhananya! Kita ketik keyword di mesin penelusuran Google terlebih dahulu. Misalnya saja, kita ketik “Jasa Iklan Google Ads”.

Kemudian, kita cek di bagian teratas pada halaman hasil penelusuran (SERP). Apabila kita menemukan tulisan “ad” di cuplikan page yang ditampilkan, itulah hasil dari iklan Google Ads (AdWords).

contoh-iklan-google-ads

Apa Saja Manfaat Iklan Google Ads (AdWords)?

Google adalah mesin pencarian atau penelusur raksasa serta paling besar dan pastinya akan ada segudang manfaat yang bisa kita dapatkan dari iklan Google Ads ini.

Keuntungan menggunakan Google Ads (AdWords) adalah produk atau jasa yang kita iklankan secara otomatis akan muncul pada halaman pertama Google (page one).

Seperti yang telah kita ketahui bahwa, pengguna Google akan lebih banyak mengakses halaman pertama dibandingkan dengan halaman yang berikutnya. Selain itu, masih ada banyak lagi keuntungan lainnya yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan iklan Google Ads ini.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang berbagai manfaat menggunakan iklan Google Ads (AdWords) tersebut!

Meningkatkan Web Traffic Sesuai Target

Google Ads (AdWords) menggunakan penghitungan PPC (Pay per Click) untuk menghitung jumlah biaya iklan yang kita pasang dan berapa biaya iklan kita semuanya akan secara otomatis dikonversi ke visitor berdasar harga klik.

Misalnya saja, kita pasang iklan Google Ads dengan uang Rp 50 ribu per hari dan tarif klik 1000 rupiah per klik. Maka, kita akan mendapatkan sekitar 50 klik untuk 1 pengunjung yang dihitung dari budget iklan yaitu Rp 50.000 dibagi harga per klik yaitu Rp 1000.

Mendapatkan Visitor yang Sesuai dengan Niche Website

Google Ads (AdWords) bisa menayangkan iklan kita berdasar keyword yang kita targetkan. Misalnya saja, kalau kita memiliki bisnis jasa iklan Google Ads dan kita targetkan keyword ke ‘Jasa Iklan Google Ads di Indonesia’, jadinya visitor yang masuk ke website kita yang melalui Google Ads (AdWords) adalah mereka yang melakukan penelusuran sesuai dengan keyword tersebut.

Jadi, iklan Google Ads kita nantinya hanya akan muncul di kata kunci yang relevan dan tidak ditayangkan di hasil penelusuran keyword yang tidak sesuai dengan target kita.

Meningkatkan Reputasi Website Tanpa Merusak SEO

Optimasi SEO biasanya dilakukan dengan menggunakan target keyword tertentu. Jadi, kalau kita memasang iklan Google Ads, maka kita tidak perlu khawatir SEO website akan hancur.

Justru dengan memasang iklan Google Ads bisa menguntungkan kita, karena pencarian keyword yang memang banyak dicari untuk optimasi SEO nantinya akan dimasukkan oleh Google.

Meningkatkan Omset Penjualan

Website resmi mengklaim bahwa dengan memasang iklan Google Ads, kita bisa menaikkan omset bisnis. Intinya adalah iklan Google Ads tidak terlalu terjamin untuk menaikkan omset suatu produk, walaupun memang iklan Ads atau AdWords sudah berhasil memperbesar omset penjualan kita sekitar 10% sampai dengan 50%.

Mengapa? Google tetap tidak bisa menjamin, karena kenaikan omset bisnis pastinya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Apa saja yang menjadi faktor meningkatnya omset? Misalnya target keyword, dana harian, bidang bisnis, dan lain sebagainya.

Cara kerja Google Ads

Kita pasti merasa penasaran tentang bagaimana Google Ads (AdWords) bisa menentukan mana iklan yang pas untuk ditampilkan ke audiens tertentu. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan yang kami sampaikan dibawah ini!

Menurut panduan di Google Ads (AdWords) yang berasal dari page resminya, ada 4 tahap dalam proses penerbitan iklan di mesin penelusur. Berikut ini merupakan tahapan-tahapannya:
  • Ketika kita mengetik sebuah query (kata kunci penelusuran) pada kolom pencarian, maka Google akan menggali semua iklan yang ada berdasarkan skor dan kualitas, penawarannya, ekstensi iklan, serta format iklannya.
  • Iklan Google Ads yang sudah melalui proses sebelumnya dan memenangkan lelang pada saat proses bidding Google Ads, maka akan ditampilkan.

Cara Membuat Akun Google Ads (AdWords)

cara-buat-akun-google-ads-adwords

Berikut ini merupakan tutorial lengkap cara membuat akun Google Ads!
  1. Coba masuk ke homepage Google dan ketik Google Ads di kotak pencarian lalu klik pada link Google Ads (AdWords) yang muncul.
  2. Kemudian, lihat sudut kanan atas pada halaman yang muncul di layar pencarian, akan ada tulisan “MULAI SEKARANG”.
  3. Masukkan info alamat email dan website kita pada kolom yang sudah disediakan.
  4. Selanjutnya, kita bisa mengikuti semua langkah pembuatan campaign di penjelasan berikutnya soal PPC Campaign.

Cara membuat PPC Campaign dengan Google Ads (AdWords)

membuat-ppc-campaign-google-ads-adwords

Sebelum kita membuat PPC Campaign dengan menggunakan Google Ads (AdWords), maka kita perlu mempersiapkan beberapa hal yang ada dibawah ini:
  • Anggaran dana iklan per bulan.
  • Anggaran dana iklan per hari.
  • Cakupan geotargeting.
  • Daftar keyword atau kata kunci.
  • Salinan iklan yang sudah kita siapkan, mencakup:
Ad heading atau tajuk iklan berisi 25 karakter

Description line 1 atau baris deskripsi 1 berisi 35 karakter

Description line 2 atau baris deskripsi 2 berisi 35 karakter

Display URL atau Link yang akan ditayangkan berisi 35 karakter

Destination URL atau Link yang dituju berisi 1024 karakter

Landing page URL atau halaman yang dituju

Desain landing page

Gambar jika memang diperlukan, apabila kita ingin memuat gambar

Berikut ini adalah semua langkah lanjutan setelah kita berhasil melakukan sign in dan membuat akun Google Ads (AdWords):
  • Masukkan semua data yang diperlukan di page “Kampanye pertama Anda”. Masukkan sesuai dengan apa yang telah kita siapkan sebelumnya, seperti daftar persiapan yang sudah di sampaikan diatas.
  • Pada bagian “Tetapkan tawaran Anda” sebaiknya pilih “Saya akan menetapkan tawaran secara manual”. Jadi, di sini kita akan melakukan deposit uang terlebih dahulu. Lalu nantinya, setiap biaya akan dipotong dari uang yang sudah kita bayarkan. Metode ini lebih sesuai untuk kita yang ingin membayar iklan Google Ads melalui VCC.
  • Kemudian, klik tombol “Simpan dan Lanjutkan” untuk sampai ke langkah terakhir yaitu “Pembayaran”.
  • Langkah terakhir yang harus kita lakukan hanyalah mengisi data kartu kredit kita pada form yang sudah disediakan oleh Google Ads (AdWords). Apabila kita sudah mengisi form kartu kredit kita dengan benar, dan Google sudah berhasil melakukan pengujian penarikan dana dari kartu kredit kita itu, maka kita akan dibawa masuk ke halaman konfirmasi.
  • Lalu, klik "Konfirmasi" untuk pembayaran otomatis atau pascabayar kita akan ditagih tarifnya ketika iklan Google Ads sudah berjalan.
  • Waktu penagihannya yaitu ketika telah melewati 30 hari atau biayanya sudah mencapai jumlah yang kita tetapkan sebelumnya.
  • Setelah kita menetapkan untuk menggunakan pembayaran otomatis, maka kita tidak bisa merubahnya lagi. Cara ini sebenarnya lebih sesuai bagi kita yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk selalu mengontrol iklan Google Ads account kita.

Pertanyaan Beserta Jawaban Tentang Google Ads (AdWords)

Disini kami telah merangkum beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan. Kami juga sudah memberikan jawaban valid dan terpercaya, yang bisa disimak dibawah ini:

Buat Apa Google Ads?

Google Ads adalah layanan periklanan online milik Google. Disini kita bisa membuat iklan Google Ads untuk menjangkau banyak orang pada saat mereka tertarik pada produk dan layanan yang kita tawarkan.

Apakah Google Ads Berbayar?

Tidak, partisipasi di AdSense gratis. Bahkan lebih baik, Google akan membayar Anda untuk klik atau tayangan pada iklan Google Ads yang kita tampilkan di website milik kita.

Bagaimana Cara Kerja Iklan Google Ads?

Google AdSense menyediakan cara bagi penayang untuk mendapatkan uang dari konten online mereka. AdSense berfungsi dengan mencocokkan iklan dengan situs Anda berdasarkan konten dan pengunjung. Iklan Google Ads tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk mereka.

Apa Perbedaan Google Ads dan Google Adsense?

Google AdSense ditujukan untuk penayang. Apabila kita ingin mempromosikan produk melalui Iklan Google Ads di situs atau aplikasi, dengan tujuan mengembangkan bisnis atau penjualan, Google Ads ini sangat cocok untuk kita. Iklan Google Ads kita akan muncul di hasil penelusuran dan jaringan situs penayang.

Apakah Iklan Google Ads Efektif?

Iklan Google Ads bisa Diarahkan
Kita bisa meningkatkan anggaran PPC promosi untuk prospek kita sehingga keuntungan akan meningkat.

Hal Inilah yang membuat iklan Google Ads sangat efektif untuk bisnis yang membutuhkan banyak leads tetapi kekurangan waktu mengelolanya.

Mengapa Harus Berpromosi dengan Google AdWords?

Salah satu keuntungan dan keistimewaan Google AdWords adalah pengunjung website kita berkualitas (cenderung ingin membeli atau menggunakan). Mengapa? Karena iklan Google Ads kita hanya akan tampil pada orang yang sedang mencari atau membutuhkan barang/jasa/bisnis yang kita miliki. Disini kita bisa mengatur untuk menampilkan iklan Google Ads di lokasi tertentu.

Apa Iklan Google Ads itu?

Singkatnya, Google Ads merupakan iklan berbayar yang ditampilkan di beberapa platform, seperti Penelusuran (search engine), display, dan YouTube, berdasarkan keyword atau kata kunci yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Dimana Iklan Google Ads Muncul?

Situs penelusuran Google: Iklan bisa muncul diatas atau dibawah hasil penelusuran Google. Iklan Google Ads bisa muncul juga di samping, diatas, atau dibawah hasil penelusuran pada Google Play, tab Belanja, dan Google Maps, termasuk aplikasi Maps.

Apa Itu Google Ads Kredit?

Kode promo Google Ads merupakan kredit yang ditambahkan pada akun pengiklan apabila memenuhi kriteria yang ditetapkan. Google akan menawarkan kode promo secara berkala untuk menarik pengiklan baru agar menggunakan fasilitas Google Ads untuk beriklan. Fungsi kode promosi ini berbeda dengan berbagai pengaturan pembayaran yang lainnya.

Kesimpulan

Dengan membaca artikel ini, kita sudah mendapatkan panduan lengkap tentang Google Advertising. kita tidak hanya sebatas mengetahui apa itu iklan Google Ads, bagaimana cara kerjanya, apa saja jenis-jenisnya, dan bagaimana cara membuat akun serta PPC campaign.