Cara Membuat Iklan di YouTube Ads - AdwordsAds
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Iklan di YouTube Ads

YouTube Ads adalah sebuah layanan untuk mempromosikan produk, bisnis, atau usaha Anda melalui video iklan di YouTube.

Sekarang ini sudah banyak para pebisnis yang sudah menggunakan YouTube Ads sebagai sarana untuk mengenalkan produk mereka melalui iklan, karena ada berbagai kelebihan yang mereka tawarkan. Salah satunya adalah bisa menentukan target audiens dengan spesifik, baik itu berdasarkan lokasi, atau minatnya penonton terhadap produk.

Tidak hanya sebatas itu saja, dari sisi biaya dan harga iklan di YouTube Ads juga cukup terjangkau. Pembayarannya juga hanya dilakukan apabila audiens sudah menonton iklan promosi kita sampai habis. Mirip seperti sistem PPC pada iklan teks Google Ads, bukan?

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa melihat performa iklan di YouTube Ads melalui Google Analytics. Hal ini tentunya akan sangat membantu dan memudahkan Anda untuk memastikan bahwa strategi pemasaran sudah tepat pada sasaran yang di inginkan.

Sebagai salah satu bagian dari layanan iklan Google, Anda baru bisa memasang iklan di YouTube apabila sudah memiliki akun Google Ads (Google AdWords). Hal ini memiliki arti kalau keduanya memang harus sudah terintegrasi dengan baik.

Sebelum AdwordsAds.com melanjutkan pembahasannya, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu beberapa jenis iklan di YouTube Ads yang bisa Anda ketahui melalui URL artikel dibawah ini:

Cara Membuat Iklan di YouTube Ads

cara-membuat-iklan-youtube-ads

Nah, sekarang sudah saatnya untuk mengetahui bagaimana cara membuat iklan di YouTube Ads. Sudah siap? Mari kita mulai!
  1. Upload video di channel YouTube.
  2. Buat iklan melalui akun Google Ads.
  3. Tentukan parameter iklan.
  4. Pilih target audiens.
  5. Hubungkan akun Google Ads dengan channel Youtube.

Langkah-Langkah Cara Membuat Iklan di YouTube Ads

cara-buat-iklan-youtube-ads

Upload Video di Channel YouTube

Langkah pertama untuk membuat iklan di YouTube Ads adalah mengupload video promosi pada channel YouTube Anda. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu kalau video yang sudah dibuat telah sesuai dengan ketentuan jenis iklan di YouTube Ads yang di pilih.

Cara Upload video iklan di YouTube Ads ini sama saja seperti mengupload video di channel pada umumnya. Anda hanya perlu login ke akun channel YouTube Anda. Kemudian, klik ikon seperti yang ada pada gambar di bawah ini dan pilih Upload video.

upload-video-iklan-youtube-ads

Selanjutnya, Anda akan diarahkan menuju halaman untuk mengupload video. Lalu, Anda hanya perlu drag and drop video atau pilih menu select file untuk upload video yang ada di penyimpanan perangkat Anda.

Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan judul, deskripsi, dan juga beberapa tag yang relevan dari video iklan Anda, dan tunggu proses upload video sampai berhasil.

Buat Iklan di YouTube Ads Melalui Akun Google Ads

Setelah berhasil upload video promosi, sekarang sudah saatnya untuk membuat iklan di YouTube Ads melalui akun Google Ads milik Anda. Apabila, belum memiliki akun Google Ads, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu melalui link ini =>

Setelah memiliki akun, sekarang Anda sudah bisa login ke Google Ads. Kemudian, klik menu Campaign dan klik ikon “+” untuk mulai membuat iklan yang baru.

campaign-iklan-youtube-ads

Setelah itu, pada tahap ini Anda akan diminta untuk memilih tujuan membuat iklan di YouTube Ads. AdwordsAds lebih menyarankan Anda untuk memilih jenis Brand awareness and reach untuk YouTube.

brand-awareness-and-reach-youtube-ads

Kenapa harus memilih jenis iklan Brand awareness and reach untuk iklan di YuTube Ads?

Sebab, YouTube Ads sudah terbukti sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness dengan cepat hingga 9%.

Selanjutnya, memilih opsi Video dan menentukan jenis iklan YouTube yang dibutuhkan.

pilih-jenis-iklan-di-youtube-ads

Setelah itu, klik CONTINUE untuk melanjutkan menuju step berikutnya.

Tentukan Parameter Iklan

Langkah selanjutnya, Anda bisa menentukan parameter untuk iklan Anda seperti tampilan berikut ini.

parameter-iklan-di-youtube-ads

Inilah parameter iklan di YouTube Ads yang perlu Anda isi:
  • Campaign Name: tulis nama iklan di YouTube Ads Anda sesuai dengan strategi pemasaran yang dijalankan. Misalnya saja, “Skippable Product Agustus 2020”. Hal ini akan memudahkan Anda jika mengelola banyak iklan.
  • Bid Strategi: strategi bidding iklan di YouTube Ads. Misalnya saja, disini anda memilih target CPM. Pilih strategi bidding yang sesuai dengan kebutuhan:
    • Maximum CPV (cost per view). Disini Anda hanya perlu membayar sesuai dengan jumlah viewnya saja.
    • Target CPM (cost per mile). Harga iklan di YouTube Ads yang perlu Anda bayarkan adalah per 1000 tayangan.
    • Target CPA (cost per acquisition). Biaya iklan di YouTube Ads yang perlu Anda bayarkan sesuai dengan penonton yang melakukan klik pada iklan promosi.
  • Budget: masukkan jumlah budget yang Anda miliki untuk memasang iklan di YouTube Ads.
  • Networks: Lokasi iklan di YouTube Ads Anda akan ditampilkan. Pilihlah dari tiga pilihan, yaitu:
    • Discovery only (iklan hanya muncul di halaman hasil pencari YouTube).
    • All of YouTube (iklan muncul di hasil pencarian, halaman channel, di video, dan homepage YouTube).
    • YouTube Display Network (iklan muncul di YouTube affiliate website dan Display Network).
  • Location: Lokasi target audience iklan Anda. Pilih lokasi penonton iklan dinYouTube Ads Anda: All countries, Germany, Belgium, Indonesia, atau lokasi yang lebih spesifik.
  • Language: Bahasa yang digunakan dalam iklan YouTube. Pilih Indonesia untuk memilih target penonton yang ada di negara Indonesia.
  • Inventory Type: jenis konten pengecualian. Pilih standard apabila iklan di YouTube Ads Anda tidak terlalu membutuhkan pengaturan khusus seperti video yang mengandung kekerasan, atau bahasa tabu. Inventory khusus memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Pilih Target Audiens

target-audiens-iklan-di-youtube-ads

Untuk memaksimalkan budget dan performa iklan di YouTube Ads, disini Anda juga perlu menentukan target audiensnya. Berikut ini adalah pengaturan yang perlu dilakukan untuk membuat target audiens.

Pertama, berdasarkan demografi. Pada opsi yang satu ini, Anda akan diminta untuk memilih target audiens iklan di YouTube Ads berdasarkan gender, usia, dan persentase pendapatan audiens perbulan.

Kedua, berdasarkan minat audiens. Disini Anda bisa memasukan kata kunci iklan di YouTube Ads yang sesuai dengan topik relevan dari target audience. Anda juga bisa memasukan URL atau Link website yang berhubungan dengan iklan YouTube Anda.

Selain menambahkan kata kunci atau keyword iklan di YouTube Ads, Anda juga perlu memilih beberapa topik dari target audiens Anda dengan mencentang pilihan.

Nantinya, iklan di YouTube Ads Anda akan muncul di beberapa video sesuai dengan topik yang sebelumnya sudah Anda pilih.

Hubungkan Akun Google Ads dengan Channel Youtube

hubungkan-iklan-di-youtube-ads-ke-google-ads

Langkah terakhir adalah memasukan tautan video promosi yang sudah Anda upload di channel YouTube ke Google Ads.

Ketika memasukkan link video, disini Anda akan melihat hasil rangkuman dari pengaturan yang sebelumnya sudah Anda buat. Jangan lupa untuk mengisi URL pada tampilan display, Call to Action, dan headline.

Terakhir, klik tombol Create Campaign yang ada pada iklan di YouTube Ads Anda akan segera dirilis. Hal ini memiliki arti kalau cara membuat iklan di YouTube Ads sudah selesai.