Berbagai Jenis Iklan di YouTube Ads yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Beriklan di YouTube - AdwordsAds
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Jenis Iklan di YouTube Ads yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Beriklan di YouTube

jenis-iklan-youtube-ads
YouTube Ads adalah salah satu fitur yang disediakan oleh pihak YouTube untuk brand dan para marketer supaya mereka bisa memasang iklan di sana. Sudah ada Banyak para marketer ataupun brand yang menggunakan YouTube Ads sebagai media untuk mempromosikan produk mereka supaya bisa menjangkau pemasaran yang lebih luas dan diketahui oleh banyak customer.

YouTube sekarang ini sudah menjadi platform dengan jangkauan pengguna yang paling banyak di seluruh dunia.

Dikutip dari HootSuite, YouTube adalah salah satu mesin pencari terbesar kedua di dunia setelah Google dengan memiliki pengguna aktif sekitar kurang lebih 1,9 miliar yang tersebar di seluruh dunia.

Sebanyak 50 juta dari pengguna tersebut, mereka aktif dalam membuat konten video di YouTube dan telah mengunggah 576.000 jam video ke YouTube untuk setiap harinya.

Data tersebut semakin memperkuat para marketer atau brand untuk melakukan promosi dengan memasang iklan di YouTube supaya mereka bisa meningkatkan traffic produk.

Dikutip dari website Hubspot, para marketer juga bisa menargetkan iklan kepada penonton YouTube sesuai dengan hasil riwayat pencarian yang sudah mereka cari di Google.

Nantinya, iklan yang akan penonton lihat ini sesuai dengan apa yang telah mereka cari di halaman mesin pencari Google atau YouTube.

Apabila iklan video yang sudah dipasang oleh para marketer berkaitan dengan apa yang dicari oleh penonton, maka penonton akan melihat keseluruhan iklan YouTube.

Bahkan, hal ini tidak menutup kemungkinan kalau penonton juga akan melakukan klik pada iklan tersebut, sehingga hal ini bisa sangat menguntungkan untuk para marketer sebagai pemasang iklan di YouTube Ads.

Jenis-Jenis Iklan di YouTube Ads

jenis-jenis-iklan-youtube-ads
Ketika akan memasang iklan promosi melalui YouTube Ads, ada beberapa jenis iklan yang bisa digunakan, yaitu:
  1. Skippable in-stream Ads
  2. Non-Skippable Ads
  3. Discovery Ads
  4. Non-Video Ads
Masih bingung dengan ke empat jenis iklan di YouTube Ads diatas?

Dibawah ini AdwordsAds.com sudah menyiapkan penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis iklan di YouTube Ads beserta dengan cara membuatnya. Simak selengkapnya berikut ini:

1. Skippable In-stream Ads

Skippable in stream merupakan jenis iklan di YouTube Ads yang paling sering digunakan untuk melakukan promosi.

Sesuai dengan namanya, jenis iklan video YouTube Ads ini bisa di-skip atau dilewati oleh penonton.

Video promosi dengan jenis iklan di YouTube Ads yang satu ini, minimal harus berdurasi selama 12 detik dan maksimal 3 menit. Tepat setelah detik ke-5, maka tombol skip akan muncul dan dapat di klik oleh penonton.

Sangat penting untuk memastikan kalau iklan di YouTube Ads harus menarik supaya tidak di skip oleh penonton video.

Caranya adalah melakukan optimasi pada video yang akan digunakan untuk melakukan promosi menggunakan YouTube Ads.

Bagaimana kalau iklan YouTube Ads tetap di skip oleh penonton video?

Tidak masalah. Karena masih bisa mendapatkan keuntungan dari sisi biaya iklan di YouTube Ads. Sebab, disini kita tidak harus membayar biaya PPC (Pay Per Click).

Kita hanya perlu membayar apabila video iklan di YouTube Ads sudah ditonton lebih dari 30 detik saja atau sampai video promosi selesai.

2. Non-Skippable Ads

Berbeda dengan skippable in-stream, jenis iklan di YouTube ads yang ini memiliki arti kalau video iklan kita tidak dapat di skip atau dilewati oleh penonton. Dengan demikian, maka informasi yang kita sampaikan melalui iklan di YouTube Ads bisa diterima jauh lebih lengkap oleh penonton.

Disini kita bisa memilih iklan di YouTube Ads dengan jenis non-skippable Ads sebagai salah satu strategi promosi yang paling efektif. Hal ini mengingatkan kita karena 76% penonton cenderung akan melakukan skip atau melewati iklan. Supaya informasi iklan dapat diterima jauh lebih lengkap, maka iklan non-skippable ads bisa menjadi pilihan yang tepat.

Iklan YouTube Non-skippable Ads sendiri terbagi dalam tiga jenis, yaitu:
  • Pre-roll Ads - jenis iklan di YouTube Ads yang akan muncul sebelum video dimulai dengan durasi 15-20 detik.
  • Mid-roll Ads - jenis iklan di YouTube Ads yang akan muncul di pertengahan video atau setelah 10 menit video berlangsung dengan durasi 15-20 detik.
  • Bumper Ads - jenis iklan di YouTube Ads yang akan muncul di awal, tengah, atau akhir video dengan durasi maksimal 6 detik.
Tips supaya iklan di YouTube Ads jenis non-skippable ads bisa efektif sebagai media promosi adalah dengan membuat video semenarik mungkin.

Tujuannya, supaya penonton tertarik untuk menonton iklan video YouTube Ads milik kita dan informasinya juga bisa tersampaikan dengan baik.

3. Discovery Ads

Jenis iklan di YouTube ads yang satu ini dulunya bernama In-Display Ads. Video iklan jenis ini akan ditayangkan di halaman hasil pencarian, homepage YouTube, dan di halaman terkait video yang sedang ditonton.

4. Non-Video Ads

Apakah ingin memasang iklan di YouTube, tetapi tak memiliki video promosi? Tenang, YouTube juga sudah menyediakan layanan iklan tanpa video. Non-video ads akan muncul dalam bentuk, gambar, atau teks pada berbagai video di YouTube.

Tipe YouTube ads non-video, terbagi menjadi tiga:
  • Sponsored Card Ads merupakan jenis iklan di YouTube Ads dengan bentuk gambar (display) yang akan muncul ketika penonton klik ikon "i" yang ada di pojok kanan atas tampilan video. Apabila gambar tersebut di klik, maka penonton akan diarahkan menuju video atau channel YouTube.
  • Overlay Ads merupakan jenis iklan di YouTube Ads berbentuk teks dalam box semi transparan berukuran 480×70 pixel. Jika diklik, penonton akan diarahkan ke landing page yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Display Ads merupakan jenis iklan di YouTube Ads berbentuk gambar yang akan muncul di hasil pencarian YouTube. Display Ads juga sangat efektif untuk mengarahkan penonton menuju landing page yang sudah tentukan.

Cara Memasang Iklan di YouTube Ads

cara-pasang-iklan-di-youtube-ads
Setelah mengetahui jenis iklan di YouTube Ads, sekarang saatnya kita melihat cara pasang iklan di YouTube dengan mudah.
  1. Upload video iklan di channel Youtube.
  2. Buat campaign baru melalui YouTube Advertising dan Google Ads.
  3. Masukan URL iklan.
  4. Masukan URL landing page yang akan di arahkan ke penonton yang tertarik dengan iklan.
  5. Pilih lokasi dan bahasa target audiens.
  6. Tentukan demografi target audiens untuk targeting yang lebih spesifik.
  7. Pilih jangkauan target audiens.
  8. Tentukan anggaran iklan dan lakukan pembayaran iklan di YouTube Ads.
Sebelum memulai, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengupload video iklan ke channel YouTube. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa video yang akan di unggah sudah mengikuti standar peraturan YouTube.

Setelah video berhasil diunggah, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memasang iklan video di YouTube Ads.

Membuat Iklan Campaign Melalui Google Ads

Langkah pertama untuk memasang iklan video di YouTube Ads adalah membuat iklan campaign baru melalui Google Ads di YouTube Advertising.berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan:
  • Buka website YouTube Advertising dan klik menu Start Advertising.
  • Klik menu Get Started dan masukan URL video iklan YouTube yang sudah di upload sebelumnya.
  • Lalu, pilih bagaimana cara kita ingin menampilkan iklan di YouTube Ads.
  • Masukan URL halaman landing page website yang akan terbuka ketika penonton melakukan klik iklan dan mengalihkan penonton ke halaman produk yang kita miliki
  • Setelah memilih dua pilihan tersebut, klik menu Berikutnya.
  • Kemudian, pilih lokasi dan bahasa target audiens. Disini kita bisa memasukan beberapa bahasa sekaligus.
  • Selanjutnya, pilih demografi target audiens berdasarkan gender, usia, dan status keluarga.
  • Pada halaman selanjutnya, tentukan apakah kita ingin menjangkau target audiens yang lebih spesifik. Apabila tidak, maka pilih pilihan Jangkau orang dengan minat yang luas.
  • Terakhir, tentukan anggaran atau budget iklan yang sesuai dengan kemampuan. Masukan anggaran harian dan melihat estimasi performa mingguan dari iklan.
  • Setelah menentukan budget, kita akan diminta untuk meninjau ulang iklan yang sudah ditentukan.
Lalu, kita hanya perlu untuk melakukan pembayaran melalui credit card atau bank transfer dan kita sudah berhasil untuk memasang iklan di YouTube Ads!