Cara Memaksimalkan Google Ads Supaya Lebih Optimal - AdwordsAds
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memaksimalkan Google Ads Supaya Lebih Optimal

cara-memaksimalkan-google-ads-mudah

Pada artikel kali ini AdwordsAds akan memberikan sedikit tips untuk Anda mengenai cara memaksimalkan Google Ads supaya bisa lebih efektif dan memiliki nilai konversi yang tinggi.

Seperti halnya saat Anda membangun Post Click Landing Page yang optimal, ada juga beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat iklan Google ads memiliki nilai konversi yang tinggi dengan biaya Cost-per-Click (CPC) yang rendah.

Penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai hal dasar pada google ads, seperti Keyword, target audience, ads extention, dan fitur dasar yang lainnya. Sehingga Anda dapat menargetkan audience dengan tepat tanpa menghabiskan banyak anggaran iklan.

Ketika Anda login di akun google ads, nanti Anda akan diarahakan menuju dashboard google ads. Nah, pada dashboard tersebut akan muncul 8 tab utama yang ada pada bagian atas, sebuah fitur search atau pencarian, dan beberapa opsi lainnya yang akan berguna saat memulai kampanye marketing yang baru saja dibuat.

cara-memaksimalkan-google-ads-tab

Google Ads standarnya memiliki Headline, yaitu 2 baris judul, dan URL website Anda yang akan di promosikan melalui iklan.

cara-memaksimalkan-google-ads-baris

Cara Memaksimalkan Google Ads

1. Mulai Beriklan dengan Metode “Search Network Only”

Google Ads menawarkan banyak jenis kampanye periklanan, tetapi kebanyakaan pengiklan memilih metode kampanye Search Network atau Display Network untuk beriklan.

Search Network adalah kumpulan website berbasis pencarian yang dimana iklan Anda akan ditampilkan pada Hasi pencarian di Google (SERPs), termasuk Search Engine Google ataupun situs pencarian lainnya yang bermitra dengan Google.

Sedangkan Display network akan menampilkan iklan Anda pada platform Google yang lainnya, seperti Gmail, Google Finance, YouTube, atau Blogger.

Untuk membuat Google Ads baru, pilih tab setting dan klik tombol merah Campaign.

cara-memaksimalkan-google-ads-campaign

Apabila Anda baru mengenal Google Ads, disini Anda tidak perlu bingung saat akan menentukan metode mana yang ingin digunakan. Anda cukup memilih Search Network Only apabila Anda memiliki budget yang terbatas untuk beriklan. Begitu anda paham bagaimana cara Google Ads bekerja, barulah Anda bisa mulai mencoba beriklan dengan menggunakan Display Network atau metode yang lainnya.

2. Bid Hanya pada Keyword yang Relevan

Keyword atau kata kunci pada Google Ads ini seperti Pisau bermata dua, pada satu sisi bisa mendongkrak bisnis Anda, tapi di sisi lain bisa menjatuhkan bisnis Anda kalau tidak digunakan dengan tepat.

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan Adwords Key Planner untuk menemukan kata kunci terkait.

Perlu Anda ingat bahwa orang yang mencari informasi pada search engine Google, kebanyakan mereka akan menggunakan kata kunci seperti:

“apa itu ....”
"Bagaimana cara ...."
"Tas mewah"
"Harga Tas mewah"
"Review Tas mewah"
"Jasa Google Ads"
“Tiket Pesawat murah”
“Software Digital Marketing terbaik 2019”

Kata kunci tersebut yang akan membawa Anda pada opsi Keyword Matching. Dalam Keyword Matching, ada tanda +, *Quote*, serta [kurung kurawal] yang bisa Anda gunakan untuk keyword yang akan menargetkan audience yang lebih baik lagi.

Keyword Matching


Match Type Simbol Contoh Keyword Iklan akan ditampilkan apabila Contoh Pencarian
Broad Match Tas Mewah Terdapat kesalahan pengejaan, sinonim, pencarian terkait, dan variasi relevan lainnya Membeli Tas Mewah
Broad Match Modifier +Keyword +Tas Mewah berisi istilah yang dimodifikasi dalam urutan apa pun Tas Mewah
Phrase Match *Keyword* *Tas Mewah* Mengandung istilah sejenis Membeli Tas Mewah
Exact Match [keyword] [Tas Mewah] Mengandung kata yang sama Tas Mewah
Negative Match -keyword -Tas Mewah Tidak mengandung keyword yang ditargetkan Tas Mewah
Negative Match adalah kata kunci yang Anda gunakan untuk memblokir penayangan iklan yang sama sekali tidak berhubungan dengan bisnis milik Anda. Negative Match merupakan salah satu cara tepat untuk bisa menghemat pengeluaran biaya Google Ads.

3. Gunakan Jadwal Tayang Google Ads yang Tepat

Mirip seperti Bid pada keyword relevan, menjadwalkan iklan Google Ads pada waktu tertentu bisa memberikan manfaat yang besar. Contohnya saja kalau bisnis Anda beroperasi dari jam 8 pagi hingga 4 sore, maka Anda jangan menayangkan iklan diluar jam tersebut, karena hasilnya tentu tidak akan efektif.

Untuk mengatur jadwal iklan Anda akan ditayangkan, Anda cukup memilih menu Search Network only, kemudian Anda akan menuju All feature. Apabila Kampanye Anda sudah di buat, maka Anda bisa dengan bebas untuk mengatur secara manual jadwal penayangan iklan berdasarkan waktu yang sesuai dengan keinginan Anda. Klik Tab Setting, lalu pilih Ad Schedule.

cara-memaksimalkan-google-ads-schedule

4. Google Ads Extension

Extension berguna untuk membuat iklan Anda tampil lebih baik, bisa menarik lebih banyak audience, dan memberikan Anda fitur yang lebih banyak lagi serta mendatangkan manfaat besar.

Google hanya menampilkan maksimal 10 iklan dalam satu halaman. Mendapatkan tempat diantara 10 slot yang tersedia tersebut, bisa menjadi hal yang sangat kompetitif tergantung dari jenis bisnis dan Keyword yang digunakan.

Ada banyak jenis Google Ads extensions, tetapi hanya ada dua yang paling sering digunakan, yaitu:

Call Extension

cara-memaksimalkan-google-ads-call

Location Extension

cara-memaksimalkan-google-ads-location

Tentu saja Google Ads extension ini akan bekerja dengan baik pada semua jenis bisnis. Semisal, apabila Anda menjalankan Toko pakaian atau rumah makan, maka jenis bisnis yang seperti ini sangat cocok untuk menggunakan Location Extension sebagai tambahan iklan pada Google Ads.

Cara memaksimalkan Google Ads ini bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nilai konversi iklan Anda, suoaya bisa lebih optimal lagi.