Cara Membuat Akun Google Scholar dengan Mudah - Adwords Ads
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Google Ads YouTube Ads Akun Google Aplikasi Android Gmail Google Drive Google Maps Google Ad Exchange

Cara Membuat Akun Google Scholar dengan Mudah

Google Scholar atau Google Cendekia merupakan layanan yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dengan

Konten [Tampil]
cara-membuat-akun-google-scholar

Google Scholar atau Google Cendekia merupakan layanan yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dengan menggunakan berbagai format publikasi.

Google Scholar adalah sebuah mesin pencarian publikasi ilmiah, seperti artikel jurnal, artikel prosiding, buku, skripsi atau tesis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa fiturnya mendukung para peneliti dalam proses desiminasi hasil penelitian yang telah dipublikasikan.

Google Scholar ini sering digunakan oleh para mahasiswa hingga akademisi untuk membantu mereka mencari sitasi skripsi hingga karya ilmiah.

Selain bisa dijadikan sebagai rujukan, layanan milik Google yang mulai dioperasikan sejak tahun 2004 ini juga dapat dijadikan sebagai ukuran prestasi dosen atau akademisi dalam mengembangkan karya ilmiah mereka.

Namun, sebelum Anda melanjutkan ke pembahasan mengebai cara membuat akun Google Scholar dan menggunakannya dengan benar, ada baiknya kalau Anda mengetahui terlabih dahulu, apa saja sih manfaat Google Scholar ini?

Manfaat Google Scholar

Berbicara mengenai manfaat Google Scholar,  tentu akan ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan yang satu ini. Tidak hanya sebatas untuk para pencari informasi saja, Google Scholar juga memiliki manfaat untuk pemberi informasi.

Dibawah ini AdwordsAds sudah merangkum beberapa manfaat Google Scholar yang bisa Anda dapatkan. Simak selengkapnya berikut ini:

Mudah Melakukan Akses

Anda bisa menggunakan Google Scholar kapan saja dan dimana saja, tanpa harus teehambat oleh jam operasional seperti halnya perpustakaan fisik.

Pencarian yang Cepat

Ketika Anda memasukan keyword tertentu untuk mendapatkan informasi, maka Google Scholar akan memberikan informasi tersebut dengan cepat untuk Anda. Tentunya hal ini lebih efisien dibandingkan dengan mengunjungi perpustakaan fisik, karena Anda bisa menghemat waktu dan tenaga.

Ruang Penyimpanan yang Besar

Google Scholar mampu menampung setiap buku, hasil penelitian, jurnal dan beebagai jenis berkas yang ada di dunia. Hal ini akan memudahkan Anda saat ingin mencari berbagai informasi yang ada diseluruh dunia, tanpa harus khawatir informasi tersebut tidak Anda temukan.

Media Publikasi Gratis

Untuk peneliti atau pihak yang menerbitkan berkas penelitian, Google Scholar bisa menjadi salah satu media publikasi yang sangat ekonomis. Karena layanan ini dapat Anda manfaatkan secara gratis, semua pihak bisa menggunakan Google Scholar tanpa perlu membayar langganan.

Untuk beberapa dokumen yang bernilai tinggi, Anda memang harus sedikit berusaha  untuk mendapatkannya dengan cara membeli hak akses. Walaupun demikian, harga tersebut masih jauh lebih murah dari pada harus mencetaknya.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Sebelum Anda mengikuti tutorial cara membuat akun Google Scholar, sebelumnya Anda harus menyiapkan email pribadi untuk didaftarkan. Ada baiknya kalau Anda menggunakan alamat email dengan domain ac.id, .org, atau .com. Hal ini berfungsi untuk meyakinkan Google jika Anda merupakan akademisi dari Univeristas atau Akdemik. Setelah Anda memiliki email, simak langkah-langkah cara membuat akun Google Scholar dibawah ini.
  1. Buka browser yang ada diperangkat Anda.
  2. Kunjungi website https://scholar.google.co.id/.
  3. Lalu, Login menggunakan alamat email Anda.
  4. Kemudian, klik menu "My Profile" yang ada di pojok kiri atas.
  5. Isi biodata Anda pada kolom yang tersedia, seperti Nama Instansi, alamat email yang terafiliasi dengan Universitas atau Perusahaan, bidang keilmuan yang Anda tekuni, dan alamat website (Opsional).
  6. Ceklis "Make my profile public".
  7. Terakhir, sesuaikan tampilan latar belakang hingga profil akun Google Scholar Anda.
Setelah Anda berhasil membuat akun Google Scholar, maka Anda sudah bisa untuk mulai mengupload karya publikasi ilmiah pada akun Google Scholar Anda.