Cara Mendaftarkan Lokasi Bisnis di Google Maps Melalui Android dan Laptop - Adwords Ads
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Google Ads YouTube Ads Akun Google Aplikasi Android Gmail Google Drive Google Maps Google Ad Exchange

Cara Mendaftarkan Lokasi Bisnis di Google Maps Melalui Android dan Laptop

Apakah Anda memiliki bisnis dan ingin mendaftarkan lokasinya di Google Maps? Maka keputuasan Anda sudah tepat, karena ada banyak keuntungan yang bisa

Konten [Tampil]
Apakah Anda memiliki bisnis dan ingin mendaftarkan lokasinya di Google Maps? Maka keputuasan Anda sudah tepat, karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila lokasi bisnis Anda masuk dalam halaman pencarian yang akan sangat berdampak terhadap omset bisnis Anda. Lalu, bagaimana cara mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps?

cara-mendaftarkan-lokasi-bisnis-di-google-.aps


Sebelum Anda mendaftarkan lokasi bisnis Anda di Google Maps, ada baiknya kalau Anda mengetahui dan memahami terlebih dahulu manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda menampilakan bisnis Anda di Google Maps. Selengkapnya, kami jelaskan dibawah ini.

Manfaat Mendaftarkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Dengan menggunakan Google Maps untuk kepentingan bisnis, Anda akan semakin mudah untuk mengoptimalkan pemasaran produk Anda dengan budget seminim mungkin. Apa saja manfaat yang Anda dapatkan jika menggunakan Google Maps untuk bisnis?

1. Mengelola Informasi

Google adalah tempat tujuan para pencari berbagai informasi untuk menemukan apa yang sedang mereka butuhkan, termasuk salah satunya adalah mencari toko online yang mereka inginkan. Hal ini sangat penting bagi pebisnis untuk bisa menyediakan informasi yang mereka cari tersebut, agar kredibilitas bisnis Anda di mata konsumen bisa meningkat.  

Detail informasi seperti alamat lokasi bisnis yang lengkap, kontak yang bisa konsumen hubungi, website , deskripsi bisnis, hingga berbagai foto menarik toko dan produk Anda dapat ditampilkan pada Google Maps. Jika sudah muncul di Google Maps, maka reputasi toko Anda akan meningkat, dan dianggap bagus oleh para calon pelanggan. 

2. Memperluas Keberadaan Bisnis

Ketika seorang pebisnis hanya mengandalkan pemasaran melalui offline saja, maka hanya orang yang ada di sekitar tempat itu saja yang mengetahui bisnis Anda. Berbeda jika Anda memasarkannya melalui online juga, maka keberadaan bisnis Anda bisa diketahui oleh orang lain yang ada di luar daerah. 

Dengan demikian, maka target pasar Anda juga akan semakin luas dan omset bisnis Anda akan meningkat. Apalagi jika Anda mencantumkan detail yang jelas, mulai dari alamat, serta kontak bisnis yang bisa dihubungi. Jika calon konsumen sudah tertarik, maka mereka tidak akan segan untuk melakukan pembelian melalui online. 

3. Berinteraksi dengan para Pelanggan

Menampilkan gambar foto atau video bisnis di Google Maps akan meningkatkan kredibilitas dan reputasi bisnis Anda. Hal ini memiliki arti kalau bisnis Anda profesional dan memang ada. Apalagi Google akan juga akan meninjau ulang dan melakukan verifikasi ke semua orang yang mendaftarkan bisnis mereka di Google Maps. 

Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk berinteraksi dengan para calon pelanggan bisnis Anda melalui ulasan atau pertanyaan yang mereka ajukan di Google Maps. Ulasan yang bagus akan semakin meningkatkan kualitas bisnis Anda di mata calon pelanggan, dan orang lain juga akan tertarik untuk menggunakan produk milik Anda. 

4. Dapat Menganalisa Klien

Database yang lengkap bisa menjadi salah satu aset yang berharga bagi perusahaan. Dengan memiliki database, maka Anda sebagai pebisnis dapat melakukan analisa terhadap perilaku konsumen bisnis Anda, sehingga Anda bisa melakukan perencanaan ke depannya untuk meningkatkan strategi pemasaran atau melakukan inovasi produk. 

Melalui fitur Google Bisnisku, Anda dapat melihat performa bisnis Anda dan dan membuat perbandingan dengan bisnis lain, dengan menggunakan fitur ‘insight’ yang bisa Anda manfaatkan secara gratis. Anda bisa melihat berapa banyak calon pelanggan yang melihat bisnis, hingga mengetahui darimana saja mereka berasal. 

5. Mendapatkan Promosi Gratis 

Untuk bisa mendapatkan awareness di mata calon pelanggan bisnis Anda, maka bisnis yang ingin berkembang akan memasang iklan Google Ads supaya lebih banyak calon pelanggan yang mengetahui tentang bisnis milik Anda. Tentu saja, untuk melakukan iklan menggunakan Google Ads, maka Anda harus mengeluarkan budget agar promosinya bisa lebih maksimal. 

Dengan hanya mendaftarkan bisnis di Google Maps saja, maka bisnis Anda juga bisa lebih berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Kunci supaya omset bisnis Anda bisa meningkat adalah dengan mencantumkan data informasi yang lengkap serta dibutuhkan oleh calon pelanggan bisnis Anda, interaktif dengan mereka, serta mencantumkan kata kunci atau keyword yang tepat. 

6. Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Entri data yang dimasukan melalui Google My Business ini akan digunakan oleh laman pencarian untuk memunculkan data suatu bisnis ke halaman pencarian saat pengguna memasukan kata kunci pada kolom penelusuran yang berkaitan dengan bisnis Anda. Panel visibilitas ini biasanya akan dicantumkan pada bagian atas halaman pencarian.

Nah, di panel ini terdiri dari 3 bisnis lokal dan informasi mereka yang berhubungan dengan kata kunci atau keyword yang di ketik pada kolom pencarian Google. Jika bisnis yang Anda miliki sudah terdaftar di Google My Business, maka akan lebih mudah muncul pada halaman pencarian paling atas saat pengguna mengetik kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Cara Mendaftarkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Jika ingin lokasi bisnis Anda muncul di laman Pencarian Google, maka Anda bisa mengikuti  tutorial cara mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps berikut ini:

Melalui Smartphone Android

  1. Buka aplikasi Google Maps, atau unduh aplikasinya melalui Play Store.
  2. Pilih Ya untuk aktifkan lokasi saat tampil notifikasi.
  3. Klik garis tiga horizontal yang ada di pojok kiri atas.
  4. Pilih Tambahkan Tempat untuk menambahkan lokasi bisnis di Google Maps.
  5. Isi form biodata yang muncul dengan lengkap.
  6. Isi nama bisnis, kategori, alamat, website, nomor telepon, dan yang lainnya.
  7. Bagikan lokasi bisnis Anda melalui sosial media atau yang lainnya.
  8. Google akan meninjau ulang permintaan pendaftaran lokasi bisnis Anda di Google Maps.
  9. Tunggu hingga beberapa hari atau minggu untuk bisa mendaftarkan kode verifikasi yang dikirmkan oleh Google My Business.
  10. Proses selesai.

Melalui Laptop/Komputer

  1. Kunjungi website Google Maps.
  2. KliK garis tiga horizontal yang ada di pojok kiri atas.
  3. Pilih dan klik Add your business.
  4. Isi pop up dengan lengkap dan jelas.
  5. Lengkapi form biodata nama bisnis, alamat, kategori, email, website, dan nomor telepon.
  6. Tambahkan gambar atau logo bisnis Anda.
  7. Klik Submit.
  8. Cek kotak masuk akun Gmail Anda.
  9. Semua data yang sudah didaftarkan akan masuk ke Gmail.
  10. Jika tidak ada email masuk, maka Anda harus mengulangi lagi sampai berhasil.
  11. Jika sudah berhasil, maka Google akan memberikan kode konfirmasi.
  12. Google akan melakukan review alamat email yang sudah terdaftar.
  13. Tunggu beberapa hari hingga lokasi bisnis yang didaftarkan bisa tampil pada halaman pencarian.
  14. Jika sampai hitungan minggu masih belum tampil, maka Anda bisa menghubungi pihak Google.

Jika Anda sudah berhasil mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps, maka nama bisnis yang Anda daftarkan tersebut akan dengan mudah muncul pada laman pencarian Google. Hal ini memiliki arti jika peluang Anda untuk bisa mendapatkan trafik calon pelanggan yang lebih banyak sangat mungkin terjadi dan omset bisnis Anda juga bisa meningkat.

Itulah beberapa cara mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps yang bisa Anda lakukan dengan mudah melalui Smartphone Android dan Laptop atau Komputer milik Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait cara mendaftrakan lokasi bisnis di Google Maps, maka Anda bisa mengajukannya melalui kolom komentar atau Fanspage kami di Facebook.