Fungsi Google Ads dan Manfaatnya untuk Promosi - Adwords Ads
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Google Ads YouTube Ads Akun Google Aplikasi Android Gmail Google Drive Google Maps Google Ad Exchange

Fungsi Google Ads dan Manfaatnya untuk Promosi

Manfaat dan Fungsi Google Ads, Para marketing saat ini sedang dihadapkan pada berbagai platform untuk menunjang kegiatan content marketing yang dijala

Konten [Tampil]
Para marketing saat ini sedang dihadapkan pada berbagai platform untuk menunjang kegiatan content marketing yang dijalankannya. Tujuan khususnya bisa sangat beragam, mulai dari mendatangkan trafik untung mengunjungi website perusahaan, sampai meningkatkan keuntungan dari bisnisnya. Salah satu paltform yang sering digunakan untuk mendukung berbagai tujuan pemasaran digital yang mereka gunakan adalah Google Ads.

fungsi-google-ads-manfaat
Manfaat dan Fungsi Google Ads

Hasilnya, ada banyak para pebisnis yang sukses dengan beriklan menggunakan Google Ads. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, salah satu manfaatnya ini sering disebut dengan Google Economic Impact. Menurut Google Economic Impact, setiap pebisnis yang mengeluarkan $1 untuk Google Ads, maka akan mendapatkan keuntungan sebanyak $2.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai manfaat dan fungsi Google Ads, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Ads.

Apa itu Google Ads?

Merujuk pada definisi dari Google sendiri, Google Ads adalah program periklanan yang memungkinkan Anda (sebagai pengiklan) untuk mempromosikan bisnis Anda dengan memunculkan informasi dan tautan yang menuju ke situs web Anda pada halaman hasil pencarian di Google. Dibawah ini merupakan salah satu contoh Google Ads:

fungsi-google-ads-contoh

Hasil pencarian dengan kotak kecil yang bertuliskan Ad tersebut adalah salah satu contoh Google Ads. Iklan ini bisa muncul di bagian atas pada hasil pencarian dengan menggunakan keyword yang relevan.

Untuk itu, kita disini bisa menentukan penempatan iklan berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu tertentu yang relevan dengan bisnis kita. Untuk biaya Google Ads, disini pihak Google sudah menentukan jenis Pay Per Click (PPC) yang memiliki arti kalau kita hanya membayar iklan sesuai dengan jumlah klik, dan harga Google Ads yang sudah kita tentukan.

Misalnya saja, kalau kita beriklan dengan biaya Google Ads sejumlah Rp. 50 ribu per hari, dan dengan harga Google Ads per klik Rp 1.000. Maka kalau iklan kita mendapatkan 50 klik, maka budget iklan kita habis terpakai.

Manfaat dan Fungsi Google Ads

Menurut berbagai sumber, ada beberapa fungsi dan manfaat Google Ads yang bisa didapatkan apabila kita mempromosikan bisnis melalui iklan di Google.

1. Menarik minat kelompok audiens dengan lebih spesifik

Program iklan ini bisa diandalkan untuk menarik prospek (leads) yang potensial untuk menjadi pelanggan bisnis Anda. Karena, apabila kita mengatur perencanaan dan menggunakan campaign dengan tepat, maka kita akan mendapatkan reaksi yang sesuai harapan dari target audiens kita.

Salah satu caranya adalah dengan menetukan keyword yang relevan dan spesifik, membuat orang tertarik untuk melakukan klik pada iklan tersebut, berpeluang besar, calon pelanggan memang membutuhkan jasa atau produk yang ditawarkan oleh kita. Misalnya saja, apabila ada yang mencari keyword "Jasa Google Ads Indonesia", maka kemungkinan besar ia memang sedang mencari seorang ahli untuk mengiklankan produk mereka. Maka akan muncul seperti contoh Google Ads yang ada dibawah ini:

fungsi-google-ads-contohnya
Contoh fungsi Google Ads

Dengan melakukan optimasi dan menentukan keyword yang ingin Anda gunakan untuk memunculkan iklan Anda di Google. Maka peluang Anda untuk menarik kelompok audiens yang tepat juga bisa lebih besar.

2. Program Periklanan yang Fleksibel

Selain advertiser profesional, program ini juga sudah bisa digunakan oleh para pebisnis rintisan (startup), sampai perusahaan kita bisa berkembang dan menjadi besar. Karena Google Ads sangat kompatibel dengan berbagai platform pemasaran yang lainnya, atau software yang biasa kita gunakan untuk melakukan pekerjaan setiap hari. Misalnya saja, kita bisa mengunduh data campaign yang dijalankan, dan menganalisanya dengan menggunakan Microsoft Excel.

Biaya Google Ads sangat Fleksibel, karena kita bisa mengelola harga Google Ads dalam hitungan hari, dan bisa membatasi jumlah iklan yang mau ditampilkan pada keyword spesifik. Dengan demikian, maka budget iklan bisa lebih mudah untuk dikendalikan, dan bisa kita mengelolanya supaya bisa mencapai hasil yang lebih maksimal dan efisien, dan tentunya bisa mencapai tujuan pemasaran sesuai dengan apa yang kita harapkan.

3. Mudah memperhitungkan Return On Investment (ROI) dan mengoptimalkannya dari waktu ke waktu

Mencapai ROI semaksimal mungkin selalu menjadi salah satu faktor tantangan utama dalam digital marketing. Namun, dengan presentasi data yang ada di Google Ads yang mudah ditelaah dan diolah supaya bisa kita kembangkan seiring dengan berjalannya waktu, dan mencapai tujuan pemasaran ROI lebih maksimal, relatif lebih mudah tercapai.

Untuk itu, dengan terus memantau dan meningkatkan optimasi supaya bisa mendapatkan hasil yang paling optimal. Amati campaign mana yang paling mencatat ROI lebih baik, dan hentikan atau hapus campaign yang kita perhitungkan kurang menguntungkan. Dengan demikian, maka biaya Google Ads yang dialokasikan bisa lebih efisien digunakan untuk campaign yang berikutnya.

4. Lebih Mudah Memahami Sasaran Audiens yang Dihadapi

Data yang tidak diragukan lagi merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam kegiatan marketing. Termasuk salah satunya adalah data pelanggan yang kita targetkan. Semakin kita memahami apa yang mereka inginkan, atau butuhkan, maka akan semakin tepat juga saat kita menentukan pesan yang ingin kita sampaikan dan bisa mempengaruhi daya beli calon pelanggan.

Mengenai data informasi minat audiens ini, kita bisa mendapatkan datanya dengan membuat kuesioner atau interview. Salah satu masalahnya adalah proses tersebut bisa memakan waktu yang lama, belum lagi proses yang dibutuhkan untuk mengolah dan memahami isi dari informasinya.

Sementara itu, apabila kita menggunakan Google Ads, maka kita bisa dengan mudah untuk memetakan kebiasaan audiens yang di targetkan. Proses optimalisasi dari keyword yang kita tentukan juga bisa mendeteksi lokasi, waktu yang paling sering mereka gunakan untuk melihat konten, sampai berbagai informasi berharga yang lainnya mengenai calon konsumen yang bisa membantu kita untuk memaksimalkan kegiatan digital marketing.

Dengan informasi tersebut, maka kita bisa terus membuat campaign yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Biaya Google Ads yang kita keluarkan bisa lebih efektif dan efisien, supaya bisa tetap terkoneksi dengan audiens yang memang membutuhkan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Jadi, fungsi Google Ads dan manfaatnya ini bisa membantu kita dalam kegiatan digital marketing. Mulai dari menjaring kelompok audiens yang lebih spesifik, ROI yang lebih optimal, sampai membuka akses data yang bernilai untuk kita supaya bisa terus meningkatkan kesuksesan campaign pemasaran yang kita jalankan.