Google Ads Promo : Tips dan Cara Mendapatkannya - AdwordsAds
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Ads Promo : Tips dan Cara Mendapatkannya

Google Ads promo adalah kredit yang diberikan oleh Google kepada akun pengiklan yang memenuhi kriteria serta mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Biasanya kredit iklan ini akan diberikan pada akun pengiklan yang baru supaya bisa mulai mengiklankan produk atau bisnis menggunakan Google Ads.

Bagaimana cara mendapatkan Google Ads promo dengan mudah? Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk bisa mendapatkan kode dari Google Ads promo ini. Alasannya, karena kode tersebut hanya diberikan pada beberapa akun pengiklan yang telah memenuhi syarat dan kriteria khusus saja. Bahkan, kode promo yang diberikan ini gratis untuk beberapa akun tertentu saja, sebagai bagian dari penawaran khusus untuk menarik para pengiklan atau advertiser baru supaya mereka menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh Google.

Cara Mendapatkan Google Ads Promo


Pada dasarnya Google Ads promo ini memiliki fungsi yang berbeda dengan berbagai pengaturan pembayaran iklan yang lainnya. Kode promo tersebut harus Anda gunakan dalam waktu maksimal 14 hari setelah Anda berhasil membuat akun Google Ads. Apabila melewati batasan waktu yang sudah ditentukan, maka secara otomatis Google Ads promo yang Anda miliki tidak bisa digunakan atau ditukarkan.

Tips untuk mendapatkan Google Ads promo ini, akun Anda harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku pada setiap masa promosi. Hal ini memiliki bahwa sebelum Anda menggunakan Google Ads promo tersebut, sebaiknya Anda periksa detail dan ketentuan promosi yang ditawarkan terlebih dahulu. Biasanya, kode promo diberikan ini hanya untuk akun baru saja. Bahkan, alamat email yang akan digunakan untuk mendaftar juga harus baru atau tidak pernah terdaftar di Google Ads sebelumnya. Google tidak akan memberikan kode promo untuk akun yang sudah pernah menggunakan kode promo yang sejenis.

Anda bisa menggunakan Google Ads promo dengan mengunjungi alamat website berikut ini https://ads.google.com/intl/en_id/getstarted/.
Disana Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan kredit yang bisa digunakan untuk beriklan, sesuai dengan uang yang sudah Anda keluarkan, sampai denhan jumlah Rp450.000. Dibawah ini merupakan penjelasan singkat mengenai cara menggunakan Google Ads promo. Simak selengkapnya dibawah ini:
Misalnya saja, Google memiliki penawaran awal kepada Anda untuk beriklan dengan menghabiskan biaya Google Ads sebesar Rp. 450.000,- dan akan mendapatkan kredit sebesar Rp 450.000,-.
Hal ini memiliki arti kalau Anda sudah menghabiskan biaya Google Ads sebesar Rp 450.000,- maka Anda akan mendapatkan kredit sebesar Rp 450.000,- yang akan muncul pada akun Anda dalam jangka waktu 31 hari apabila Anda akan menggunakan kode promo tersebut.
Namun walaupun demikian, ada hal yang perlu Anda ingat kalau Google akan tetap menghitung jumlah total biaya iklan Google Ads yang sudah dibayarkan atau belanjakan setelah Anda memasukkan kode promo tersebut. Apabila ternyata Anda membayarkan sejumlah uang sebelum memasukan kode dari Google Ads promo, maka jumlah yang Anda bayarkan tersebut tidak akan dihitung pada penawaran yang Anda miliki. Jangan lupa juga untuk memastikan kalau website atau blog yang Anda iklankan memiliki tujuan yang jelas dan tidak melanggar syarat dan ketentuan Google, supaya bisa memastikan kalau iklan Anda bisa tayang dengan lancar.

Walaupun Google Ads promo ini terlihat cukup menguntungkan, tetapi ternyata hanya bisa digunakan untuk beriklan di Google saja. Untuk menggunakan Google Ads promo, Anda disarankan untuk memasukkan kode tersebut pada halaman detail penagihan akun (laman billing) yang Anda miliki. Apabila ternyata Anda tidak memasukkan kode yang dikirimkan melalui email tersebut, maka uang yang sudah Anda bayarkan untuk iklan sebelumnya tidak akan dikonversikan ke dalam kredit.

Dikarenakan sangat bagus untuk beriklan, maka Google Ads promo ini biasanya diberikan untuk website toko online, tentunya yang memiliki tujuan untuk meningkatkan perkembangan usahanya. Syarat dan ketentuan yang lainnya untuk mendapatkan dan menggunakan Google Ads promo adalah harus memiliki kartu kredit, akun Paypal, dan bank lokal untuk melakukan transaksi pembayaran iklan.

Pada dasarnya, Google akan menawarkan beberapa cara untuk bayar iklan Google Ads yang bisa Anda pilih, yaitu pembayaran manual, otomatis, atau melalui invoice bulanan. Apabila Anda akan memilih untuk melakukan pembayaran secara otomatis, maka Anda harus menggunakan Google Ads promo sebelum masa berlakunya habis. Namun, apabila Anda memilih pembayaran manual, maka Anda harus menggunakan kode promo tersebut sebelum tanggal kadaluwarsa berakhir. Kemudian, Anda juga harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam materi promosi tersebut.

Kami menyarankan Anda untuk segera melakukan pembayaran di awal dengan jumlah yang sedikit lebih banyak dari jumlah yang ada di dalam persyaratan. Karena Google bisa saja memberhentikan penayangan iklan Anda sebelum biaya Gogle Ads Anda habis.

Cara Melihat Perkembangan Akun Anda untuk Mendapatkan Google Ads Promosi

  1. Login ke akun Google Ads milik Anda.
  2. Klik ikon Pengaturan, lalu pada bagian “Penagihan”, pilih menu Promosi.
  3. Pada halaman "Promosi", Anda bisa melihat semua Google Ads promos yang bisa ditambahkan ke akun Anda, beserta dengan jumlah kredit dan statusnya, termasuk yang ada dibawah ini:
  • “Aktif”: Reward yang terkait dengan kupon sudah diberikan. 
  • “Ditukarkan: penghasilan Anda saat ini”: Kupon sudah berhasil ditukarkan, tetapi persyaratan pembelanjaan (seperti “Belanjakan Rp250.000, dapatkan Rp500.000”) belum terpenuhi.
  • “Sedang diproses”: Persyaratan minimal pembelanjaan (seperti “Belanjakan Rp250.000, dapatkan Rp500.000”) sudah terpenuhi dan sistem sedang melakukan proses  jumlah reward yang akan diberikan.
  • “Berakhir”: Masa berlaku kupon Anda sudah berakhir setelah ditukarkan dan sebelum persyaratan pembelanjaan terpenuhi.
  • “Dibatalkan”:  Kupon tidak valid atau dibatalkan.
  • Anda juga bisa meninjau jumlah kredit yang sudah dibelanjakan dengan memeriksa pada kolom "Dibelanjakan dari Promosi". Jumlah ini juga akan muncul pada halaman Transaksi.
Itulah informasi yang bisa AdwordsAds sampaikan mengenai tips dan cara mendapatkan Google Ads promo yang bisa Anda gunakan untuk tambahan budget beriklan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.