Harga Google Ads Terbaru dan Cara Menghitungnya dengan Mudah - AdwordsAds
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Google Ads Terbaru dan Cara Menghitungnya dengan Mudah

Melakukan promosi melalui online memang terlihat sangat menguntungkan. Karena di zaman digital seperti sekarang ini, pengguna layanan mesin pencari seperti Google semakin meningkat saja. Iklan Google Ads yang kita pasang sangat memungkinkan untuk dilihat oleh banyak orang.

harga-google-ads

Lantas sebenarnya, berapa harga Google Ads yang harus kita bayarkan apabila kita akan melakukan promosi dengan memasang iklan di Google?

Berikut ini merupakan tips yang bisa Anda gunakan untuk menghitung biaya dan harga Google Ads yang harus Anda persiapkan. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya dibawah ini!

Cara Menentukan Harga Google Ads

Untuk mengetahui harga Google Ads yang harus Anda persiapkan sebelum beriklan, ada lima hal utama yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Simak berikut ini:

1. Perhatikan Kata Kunci atau Keyword yang Digunakan

Penggunaan kata kunci atau keyword memiliki pengaruh terhadap harga Google Ads yang harus Anda bayarkan nanti. Disini Anda juga bisa menggunakan banyak pilihan kata kunci, akan tetapi ada beberapa kata kunci yang memiliki kisaran harga berbeda. Karena semakin banyak demand dari kata kunci atau keyword yang kita gunakan, maka akan semakin banyak juga biaya Google Ads yang akan harus Anda keluarkan untuk per klik nya.

2. Intensitas Pencarian Kata Kunci

Karena banyaknya kata kunci akan sangat berpengaruh terhadap harga Google Ads, untuk itu, sebaiknya Anda memilih kata kunci atau keyword yang paling banyak dicari oleh calon pelanggan Anda dalam waktu sebulan terakhir. Saran dari kami, sebisa mungkin Anda untuk memilih kata kunci yang memiliki intensitas paling tinggi, sehingga bisa meningkatkan efektifitas iklan yang Anda pasang.

Untuk mengetahui seberapa sering kata kunci yang akan Anda gunakan dicari oleh calon pelanggan pada halaman pencarian Google, disini Anda bisa menggunakan bantuan tools dari Ubersuggest untuk melakukan riset. Cara menggunakan tools ini juga sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu memasukan kata kunci yang akan anda gunakan, ubah bahasanya ke dalam Bahasa Indonesia, kemudian klik menu OK. Maka hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk tabel yang mudah untuk Anda pahami.

3. Mengetahui Rekomendasi Harga Google Ads

Kebanyakan iklan di Google menggunakan sistem pembayara Cost Per Clik (CPC) pada iklan.  Kita masih menggunakan bantuan dari tools Ubersuggest, disini Anda juga akan mendapatkan harga Google Ads berdasarkan rekomendasi yang disarankan secara otomatis oleh Google.

Harga Google Ads ini akan tampil di halaman yang sama pada pencarian intensitas kata kunci atau keyword tadi. Hanya berbeda di letak fokus kolomnya saja. Harga Google Ads per klik yang direkomendasikan oleh Google akan ditampilkan pada kolom Cost per Click (CPC).

4. Memasukan Estimasi CTR

Maksud dari ekspektasi Click Through Rate (CTR) adalah estimasi potensi banyaknya klik yang Anda dapatkan setelah memasang iklan Google ads terhadap jumlah penayangan. Contohnya saja, apabila iklan Google ads Anda ditayangkan sebanyak 100 kali, maka diperkirakan akan ada 15 orang calon pelanggan yang melakukan klik pada iklan tersebut. Dengan demikian, maka besaran CTR nya adalah 15%. Ekspektasi CTR ini selanjutnya bisa dimasukan sesuai dengan keinginan Anda sebagai pengiklan.

5. Melakukan Akumulasikan pada Keempat Poin di Atas

Setelah Anda mendapatkan perhitungan harga Google Ads yang tepat dari keempat poin di atas, untuk selanjutnya Anda dapat melakukan akumulasi sendiri terhadap keempat hal tersebut. Dapat Anda simpulkan disini kalau harga Google ads yang harus Anda bayarkan adalah jumlah dari perkalian antara intensitas banyaknya pencarian kata kunci pada setiap bulan, biaya perklik, dan juga estimasi CTR yang Anda masukan.

Misalnya saja, disini Anda akan menggunakan kata kunci ‘Jasa Iklan Google Ads’. Dalam sebulan, kata kunci atau keyword jasa iklan Google Ads dicari sebanyak 320 kali. Kemudian, Google menawarkan rekomendasi CPC seharga $ 80, dan estimasi CTR yang anda masukan adalah 10 %. Maka harga Google Ads yang anda pasang dengan kata kunci ‘Jasa Iklan Google Ads’ ini akan membutuhan biaya sebesar = $80 x 1000 x 10% = $ 800.000.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung perkiraan harga Google Ads sebelum Anda memasang iklan di Google. Dengan mengetahui tips dan cara diatas, tentu Anda bisa membuat perhitungan biaya advertising sendiri, berapa budget iklan yang harus anda siapkan sebelum memasangnya.