Penyebab Iklan Google Ads Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya - Adwords Ads
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Google Ads YouTube Ads Akun Google Aplikasi Android Gmail Google Drive Google Maps Google Ad Exchange

Penyebab Iklan Google Ads Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya

Berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai penyebab iklan Google Ads tidak muncul, cara memeriksanya, serta cara mengatasinya untuk Anda. Penas

Konten [Tampil]
Apakah Anda sudah memasang iklan Google Ads untuk mempromosikan produk atau bisnis Anda? Pernahkah Anda mengalami iklan Google Ads yang tidak muncul? Tenang, Anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini AdwordsAds akan memberikan informasi mengenai penyebab iklan Google Ads tidak muncul, cara memeriksanya, serta cara mengatasinya untuk Anda. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini:

Penyebab Iklan Google Ads Tidak Muncul

iklan-google-ads-tidak-muncul

Berikut ini AdwordsAds jelaskan, kenapa iklan  Google Ads tidak muncul? dan apa peyebab iklan tidak tampil pada hasil pencarian Google? Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Penagihan Kadaluwarsa

Salah satu alasan yang paling umum kenapa iklan Google Ads tidak muncul dan ditampilkan adalah karena detail penagihan iklan Anda sudah kedaluwarsa. Biasanya pihak Google Ads akan memberitahu Anda melalui notifikasi email, adanya perubahan tampilan spanduk merah terang di bagian atas antarmuka Google Ads, atau Anda bisa memastikannya dengan cara masuk ke bagian penagihan dan memeriksa secara manual. Buka menu pengaturan yang ada di kanan atas halaman Google Ads, dan pilih ‘Penagihan’.

2. Iklan Google Ads Dijeda / Paused

Ada kemungkinan kalau iklan Google Ads tidak muncul karena sedang dijeda atau paused. Mungkin sebelumnya Anda pernah meminta pihak Google Ads untuk menghentikan iklan sementara karena sesuatu dan Anda kemudian lupa untuk menginformasikannya kembali ke pihak Google Ads untuk mulai menjalankan iklannya lagi. Bisa jadi sistem menghentikan iklan secara otomatis karena kata kunci tersebut performanya buruk dan kurang relevan dengan produk atau bisnis Anda..

Anda bisa mulai mengecek tanggal mulai dan akhir yang telah Anda tetapkan sebelumnya di kampanye. Karena kemungkinan iklan yang Anda jalankan memang sudah sudah selesai. Sebagai alternatif, mungkin Anda lupa kalau kampanye sudah dihentikan sementara oleh Anda karena kinerja yang buruk selama periode waktu tertentu, dan sekarang Anda ingin mengaktifkannya kembali untuk menguji keefektifan iklan Google Ads Anda lagi.

3. Status Anggaran Harian “Terbatas”

Anggaran harian iklan Google Ads milik Anda mungkin ditampilkan sebagai “terbatas” atau istilahnya itu limited by budget. Hal ini memiliki arti kalau iklan Anda tidak selalu ditampilkan setiap saat pada halaman pencarian calon pelanggan bisnis Anda, karena Google Ads akan mengoptimalkan anggaran iklan Anda supaya bisa mendapatkan kinerja yang lebih baik.

4. Anggaran Harian Habis

Anggaran harian Google Ads Anda mungkin sudah habis, apalagi kalau Anda menetapkan pengaturan iklan untuk dihabiskan secepat mungkin setiap hari. Anggaran harian iklan Anda juga bisa lebih cepat habis, biasanya hal ini disebabkan karena jumlah pencarian kata kunci yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis jauh lebih tinggi dibandingkan dengan anggaran harian iklan Anda. Metrik yang berkaitan dengan hal ini biasanya disebut dengan Search Impression Share.

5. Penargetan Lokasi

Ingat, kalau iklan Anda mungkin tidak ditampilkan untuk lokasi Anda saat ini. Sebelumnya mungkin Anda sudah menargetkan iklan untuk ditampilkan pada lokasi tertentu, baik itu kota atau bahkan negara yang Anda targetkan tidak sesuai dengan lokasi tempat tinggal Anda saat ini. Iklan biasanya akan ditampilkan berdasarkan lokasi IP perangkat Anda, sehingga iklan Anda tidak ditampilkan untuk lokasi yang tidak ditargetkan, dan hanya akan ditampilkan pada target lokasi tertentu.

6. IP Internal Diblokir

Ada banyak alasan kenapa Anda mencari produk atau layanan yang terkait dengan perusahaan Anda (terutama milik kompetitor), tetapi hal ini terkadang memicu iklan Anda ikut muncul, dan hal itu akan menghasilkan tayangan yang tidak diinginkan karena Anda bukan target iklan tersebut. Untuk beberapa layanan jasa iklan Google Ads, biasanya mereka sudah melakukan pemblokiran alamat IP kantor atau perusahaan Anda dari target iklan, hal ini berguna untuk membantu mencegah tayangan yang tidak diinginkan atau tidak sesuai target.

7. Bentrok dengen Kata Kunci Negatif

Kata kunci negatif ini biasanya disebabkan oleh broad match atau phrase match yang cocok dengan sebagian kata kunci yang Anda targetkan. Selain itu, biasanya kata kunci negatif exact match mungkin sebelumnya sudah ditambahkan oleh Anda karena tidak sengaja.

8. Penolakan Kata Kunci Target

Anda mungkin sudah menggunakan kata kunci yang bertentangan dengan standar kebijakan periklanan Google Ads. Google Ads tidak mengizinkan produk iklan dan website yang terkait dengan senj*ta api, ob*t-ob*tan, p*rn*grafi, mir*s, kembang api, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal inilah yang menyebabkan iklan Google Ads tidak muncul karena penolakan.

9. Iklan Teks Tidak Disetujui

Iklan teks yang Anda gunakan mungkin tidak disetujui. Salah satu alasan yang paling sering ditemukan adalah iklan produk atau bisnis Anda tidak diizinkan pada Jaringan Penelusuran karena tidak sesuai dengan kebijakan periklanan. Kemungkinan lainnya adalah format iklan teks Anda tidak sesuai dengan pedoman komunitas Google Ads. Misalnya saja, Anda sudah menggunakan semua huruf besar, kata, atau tanda baca yang berulang.

10. Masalah Pencocokan Kata Kunci atau Keyword

Apabila Anda menargetkan banyak kata kunci yang mirip untuk Grup Iklan yang berbeda, maka Anda mungkin menemukan kalau iklan yang salah akan ditampilkan untuk kata kunci yang Anda gunakan dalam pencarian. Hal ini disebabkan karena sistem Google Ads tidak berfungsi seperti yang Anda inginkan, biasanya hal ini sering terjadi pada akun Google Ads yang sudah besar.

11. Kesalahan pada Jadwal Iklan

Penjadwalan tayangan iklan yang tidak direncakan dengan baik akan menyebabkan iklan Google Ads tidak muncul. Misalnya saja, kalau Anda memasarkan produk Tas mewah berkualitas, penjadwalan iklan yang ditempatkan kurang benar akan membuat iklan Anda tampil pada malam hari, tentunya hal ini akan menghambat kinerja iklan Google Ads, dan bisa berpengaruh terhadap target calon pelanggan Anda.

12. Tawaran Kata Kunci yang Melebihi Anggaran Harian

Tawaran kata kunci yang Anda gunakan mungkin terlalu tinggi untuk anggaran harian Anda. Misalnya saja, apabila biaya Google Ads per klik untuk maksimum kata kunci yang Anda gunakan adalah Rp. 40.000 dan anggaran harian promosi Anda hanya Rp 100.000 saja, maka pihak Google tidak akan menampilkan iklan Anda.

13. Volume Pencarian Kata Kunci Rendah

Volume penelusuran yang rendah bisa menjadi salah satu penyebab iklan Google Ads tidak muncul dan tidak mendapatkan tayangan.

Cara Melihat Penyebab Iklan Google Ads Tidak Muncul

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab iklan Google Ads tidak muncul, mungkin Anda akan bertanya bagaimana cara memeriksanya.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat penyebab iklan Google Ads tidak muncul. Simak selengkapnya dibawah ini!

1. Google AdPreview

iklan-google-ads-tidak-muncul-adpreview

Google menyarankan kepada setiap advertiser untuk menggunakan alat ini untuk melihat iklan Google Ads tidak muncul pada hasil pencarian.

Anda bisa melihat iklan Google Ads yang tidak muncul dengan mengunjungi website resmi Google AdPreview berikut ini: http://google.com/adpreview

Alasan lain kenapa Anda harus menggunakan alat untuk melihat iklan Google Ads tidak muncul adalah mempertahankan Quality Score dari keyword yang Anda gunakan. Semakin tinggi CTR keyword iklan Anda, maka akan membuat Quality Score semakin tinggi juga. Namun, apabila impresi iklan Anda bertambah, tetapi jumlah klik tetap, maka CTR Anda akan rendah yang disertai dengan Quality Score yang semakin turun juga

2. Ads Diagnostic Tool

iklan-google-ads-tidak-muncul-diagnostic-tool

Gunakan alat ini pada platform Google Ads Anda. Arahkan menuju bagian tab keywords dan kolom Status. Maka disana Anda bisa melihat bubble, dan klik menu bubble tersebut.

Pada bagian ‘Showing Ads right now?’, Anda dapat menemukan jawaban ‘Yes’ & ‘No’ beserta dengan alasannya.

3. Reporting & Statistic

Google Ads memiliki data yang cukup cepat dan akurat. Anda bisa melihat kinerja iklan Anda hanya dalam 15 menit setelah melakukan perubahan di dalam akun Google Ads.

Disini Anda bisa melihat iklan Google Ads yang tidak muncul, dan Anda juga bisa melihat statistik tayangan iklan Anda. Berapa banyak calon pelanggan bisnis Anda yang sudah melihat iklan Anda, klik iklan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila Anda melihat data inu tetap sama dan tidak berubah, maka Anda dapat melihat kembali pengaturan iklan milik Anda.

Cara Mengatasi Iklan Google Ads Tidak Muncul

  1. Login ke akun Google Ads Anda.
  2. Klik menu Pengaturan yang terletak di sudut kanan atas.
  3. Klik menu Fitur, lalu pilih Diagnosis & Pratinjau Iklan Google Ads Anda.
  4. Pada kotak teks, masukkan kata kunci yang Anda gunakan untuk di uji. Pastikan kata kunci tersebut relevan dengan yang Anda gunakan.
  5. Ubah setelan lainnya (lokasi, bahasa, perangkat) kalau diperlukan. Apabila Anda sudah menargetkan iklan ke bahasa, lokasi, atau perangkat yang sesuai dengan target iklan Anda, masukkan informasi ini untuk melihat pratinjau iklan Anda.
  6. Klik menu Pratinjau untuk melihat iklan Google Ads muncul atau tidak.
  7. Selesai.
Nah, itulah beberapa penyebab iklan Google Ads tidak muncul beserta dengan cara mengecek dan cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan. Sekian informasi dari kami, apabila masih ada kendala terkait iklan Google Ads yang tidak muncul, Anda bisa bertanya langsung kepada kami dengan mengomentari artikel ini.