Cara Mengganti DNS Google Android dengan Mudah - Adwords Ads
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Google Ads YouTube Ads Akun Google Aplikasi Android Gmail Google Drive Google Maps Google Ad Exchange

Cara Mengganti DNS Google Android dengan Mudah

Cara mengganti DNS Google Android adalah pekerjaan yang cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk pergi ke pengatur

Konten [Tampil]
cara-menggati-dns-google-android

Cara mengganti DNS Google Android adalah pekerjaan yang cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk pergi ke pengaturan yang ada di Smartphone android Anda, dan mengubah beberapa setting DNS yang ada di android tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga dan tanpa root.

DNS adalah singkatan dari Domain Name System yang berfungsi sebagai daftar untuk bisa mengakses internet. Cara kerja DNS adalah dengan mendefinisikan domain misalnya saja AdwordsAds.Com ke alamat IP. Jadi, kalau tanpa DNS, maka domain itu tidak dapat diterjemahkan ke alamat IP yang dapat disambungkan.

Dengan menggunakan DNS, maka Anda tidak perlu lagi menghafalkan alamat IP dari website yang ada pada jaringan internet. Anda disini hanya cukup menghafalkan nama domainnya sajaz sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses website tersebut. Maka dari itu, DNS juga dianggap sangat penting, DNS mudah dipasangkan dengan protokol internet TCP/IP.

Layanan DNS yang disediakan oleh operator atau jaringan WiFi terkadang koneksinya sangat lambat saat menerjemahkan domain ke alamat IP. Namun, Anda disini dapat mengganti DNS Anda dengan yang lain, sehingga sangat memungkinkan untuk mempercepat dan membuat stabil koneksi internet Anda.

Alamat DNS Gratis

Mengganti DNS bagi beberapa orang mungkin akan terasa sangat rumit dan membingungkan, namun sebenarnya cukup mudah untuk mereka yang sudah mengerti. Sebelum Anda mengganti DNS Google, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu alamat DNS apa yang tepat dan dapat Anda gunakan.

Ada tiga layanan DNS gratis yang paling populer saat ini, kebanyakan dari mereka adalah Google, Cloudflare dan Open DNS. Disini Anda dapat memilih salah satu layanan tersebut, karena ketiganya memiliki fungsi yang cukup baik. Berikut ini merupakan alamat DNS Android yang bisa Anda gunakan.
  • Google: 8.8.4.4 dan 8.8.8.8
  • Cloudflare: 1.1.1.1
  • OpenDNS: 208.67.222.222 dan 208.67.220.220

Cara Mengganti DNS Google Android

Android 9 kini sudah hadir dengan fitur ganti dns yang sangat berbeda dan lebih mudah untuk Anda gunakan. Pada Android 9, Anda tidak dapat melakukan konfigurasi server DNS yang standar. Artinya disini Anda tidak dapat memakai dns Google Android dan OpenDNS. Karena di Android 9 ini Anda hanya dapat menggunakan DNS over TLS saja, yang sudah terenskripsi sebelumnya.

Layanan DNS over TLS salah satunya adalah CloudFlare. Jika Anda menggunakan cloudflare sebagai DNS, maka Anda akan diberikan beberapa fitur tambahan yang cukup memuaskan. Setiap server DNS memiliki fitur yang berbeda satu sama lain, berikut ini merupakan beberapa fitur tambahan yang ada di dalamnya:
  • Filter Keamanan yang otomatis akan memblokir domain phishing dan malware yang bisa membahayakan perangkat Anda
  • Filter Keluarga yang bisa memblokir akses ke website dewasa.
  • Filter Dewasa ini hampir mirip dengan yang kedua, yaitu dapat memblokir semua akses ke berbagai situs web dewasa.
Berikut ini merupakan langkah-langkah cara mengganti DNS Google Android Pie:
  1. Pergi ke Pengaturan Android anda.
  2. Klik menu Connections.
  3. Setelah itu klik Private DNS.
  4. Pilih hostname dan isi dengan 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com.
  5. Klik Save untuk untuk menyimpan perubahan  DNS yang sudah Anda lakukan.
Sekarang Anda sudah selesai dan berhasil mengganti DNS Google Android 9.

Cara Mengganti DNS Google Android 8 dan Versi Android Dibawahnya

Selanjutnya adalah cara mengganti dns Google Android Oreo dan versi yang ada dibawahnya. Artinya, metode ini juga bisa Anda gunakan untuk Android 7 dan 6 walaupun mungkin ada beberapa langkah yang sedikit berbeda untuk setiap versi Android.

Berikut ini merupakan cara setting DNS Google Android versi 8 dan versi yang ada dibawahnya dengan mudah:
  1. Pertama pergi ke Pengaturan Android Anda.
  2. Kemudian, masuk ke dalam menu WiFi.
  3. Klik pada jaringan wifi yang akan Anda ganti DNS nya.
  4. Lalu, klik Ubah jaringan.
  5. Setelah itu, pilih menu lanjutan.
  6. Kemudian akan muncul pilihan, Anda harus memilih Statis.
  7. Masukkan alamat DNS 8.8.8.8 (untuk menggunakan DNS Google).
  8. Klik Simpan untuk untuk menyimpan perubahan DNS tersebut.
Sekarang Anda sudah berhasil mengganti DNS Google Android.

Anda dapat mengganti DNS Google Android dengan bebas menggunakan alamat DNS apapun yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengetahui daftar DNS yang bisa Anda gunakan secara gratis, seperti yang kami rekomendasikan diatas.

Cara Mudah Setting DNS Cloudflare di Android

Jika Anda bingung dan merasa kesulitan untuk memahami cara mengganti DNS Google android secara manual. Maka Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi yang dapat mengganti DNS Google android Anda dengan mudah. Aplikasi ini sengaja dibuat oleh Cloudflare untuk memudahkan Anda, jadi DNS Android Anda akan otomatis berubah menjadi 1.1.1.1

Berikut ini merupakan cara setting dns 1.1.1.1 di android:
  1. Download aplikasi 1.1.1.1 yang ada di google playstore.
  2. Kemudian, buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Aktifkan DNS dengan klik menu toggle seperti pada gambar diatas.
  4. Selesai.

Caranya sangat mudah bukan? Aplikasi ini juga dapat membuka website apapun yang diblokir oleh provider.

Nah, itulah beberapa cara mengganti DNS Google Android, menggunakan 1.1.1.1 untuk berbagai versi smartphone Android. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda.